MUJAHER PANGGANG SAMBAL KOREK



Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan rasa gurih yang khas, bersama pedasnya sambal terasi.

Menu ikan mujaher panggang ini bisa di jumpai di Jalan Kusuma Bangsa kota Lamongan yang buka setiap jam 18.00 hingga jam 23.00. Peny Yuliani adalah pemilik warung mujaher panggang yang sudah memulai usahanya sejak dua tahun lalu dan langsung memperoleh banyak pelanggan.

Mujaher merupakan ikan tawar yang banyak di budidaya petambak di Lamongan dan memiliki daging empuk dan rasa gurih.

Sekilas, mujaher panggang hanya sebuah sajian biasa. Namun, kenimatannya dapat dirasakan dengan sambal korek khas Jawa yang pedas.

Sebelum menjalani proses pempanggangan, ikan mujaher terlebih dahulu di rendam hingga dua kali dengan bumbu rempah, untuk menghilangkan bau amis. Sebelum di panggang, ikan mujaher diolesi bumbu khusus sebagai penyedap rasa dan penambah rasa gurih.

Setelah dipanggang, mujaher panggang lantas di sajikan bersama sambal korek, agar lebih sedap. Rasa khas sambal trasi di warung adalah pedas, sehingga sebagian pelanggan menyebutnya dengan sambal korek, karena akan menyisakan rasa pedas yang luar biasa. Sambal ini juga dilengkapi daun kemangi yang menjadi ciri khas sambal Jawa.

Mujaher panggang dihidangkan secara sederhana diatas cobek kecil, untuk melambangkan sajian khas Jawa. Sajian mujaher panggang akan menjadi nikmat, karena daging ikan yang empuk dan rasa yang gurih. Tak kalah jauh dengan ikan panggang gurami sekalipun. “Justru hal inilah yang saya pertahankan agar pelanggan jadi betah”, ujarnya.

Untuk menikmati mujaher panggang ini, anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pasalnya, satu porsi mujaher panggang hanya enam ribu rupiah. Terlebih, menu yang satu ini merupakan sajian bebas kolesterol.

0 comments:

Post a Comment