NASI GORENG BANDENG, IKON BARU KOTA GRESIK



Nasi goreng bandeng ketan hitam, merupakan menu baru khas kota Gresik Jawa Timur, yang baru di perkenalkan pada masyarakat. Paduan antara daging bandeng dan ketan hitam, menimbulkan sensasi rasa yang khas dalam memanjakan selera para penikmat kuliner.

Kota Gresik, di kenal sebagai salah satu penghasil ikan bandeng. Tak heran jika, Gresik memiliki beragam menu berbahan dasar daging ikan bandeng. Seperti menu masakan nasi goreng ikan bandeng karya siswa SMK Dharma Wanita yang berhasil memadukan daging bandeng dengan nasi ketan hitam yang kemudian di beri nama, nasi goreng bandeng ketan hitam.

Menu baru ini sengaja di angkat dari bahan-bahan tradisioal yang menjadi ciri khas kota Gresik, karena terbuat dari dagin ikan bandeng, nasi ketan hitam, kentang, kacang polong dan telur ayam.

Cara membuatnya cukup mudah. Mula-mula, irisan kentang di goreng bersama telur dan kacang polong. Setelah matang, nasi ketan hitam di masukkan lalu di aduk rata bersama potongan daging bandeng.

Nasi goreng bandeng yang sudah matang selanjutnya di bungkus dengan telur goreng. Nasi goreng bandeng ketan hitam, siap di sajikan.

Dengan bahan-bahan dasar yang kompleks ini, nasi goreng bandeng dipastikan memiliki sensari rasa yang unik. Apalagi, potongan daging bandeng, akan mampu memanjakan selera para penikmat kuliner. Dan yang lebih penting lagi, menu ini menjadi ikon baru kota Gresik.

“Menu ini sengaja di angkat dari daging ikan banding yang menjadi produk andalam kota gresik, sehingga sangat akrab dengan masyarakat”, ujar Ahmad Budi Adi (pembuat nasi goreng bandeng).

Menu baru penuh sensasi rasa tradisional ini, baru diperkenalkan para siswa SMK Dharma Wanita kepada ibu-ibu PKK dalam sebuah pelatihan memasak, untuk menjadi bagian dari pengembangan usaha kecil dan menengah yang di gelar PT Petrokimia Gresik.

Menurut Kabiro Humas PT Petrokimia, pelatihan ini digelar untuk sebagai bagian dari pembinaan UKM masyarakat di sekitar perusahaan. Program ini merupakan inspirasi baru dari program Corporate Social Responsibility PT Petrokimia”, kata Wahyudi, Kabiro Humas PT Petrokimia Gresik.

Dengan demikian, nasi goreng bandeng ini akan menambah daftar masakan berbahan dasar daging ikan bandeng.(86)

1 comment: