KELEZATAN LEMPENG PISANG DAN ES KEMBANG TAHU



Buah pisang dan tahu ternyata tidak hanya bisa disajikan dalam bentuk gorengan. Menu lempeng pisang merupakan hasil olahan buah pisang di campur tepung terigu, susu, margarine dan keju. Menu ini juga di tambah dengan es kembang tahu yang merupakan olahan tahu, nanas dan sirup yang menciptakan sensasi rasa tersendiri saat dinikmati di siang hari terutama saat saat haus akibat panasnya terik matahari.

Di kawasan Lingkar Barat Sidoarjo yang merupakan salah pusat kuliner khas Jawa Timur, kini makanan lempeng pisang dan minuman es kembang tahu makin sering diminati penikmat kuliner sebagai menu makan siang .

Untuk membuat makanan lempeng pisang ini cukup mudah dan hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit. Pertama-tama disiapkan adonan tepung terigu, telur, gula, dan margarine. Setelah itu, adonan dipanaskan dalam sebuah pemanas penggorengan. Setelah adonan tampak sedikit membeku, dicampurkan buah pisang yang dipotong-potong bulat tipis. Tidak lebih dari 5 menit, makanan yang berbentuk lempeng ini kemudian diangkat dari pemanas dan siap disajikan.

Untuk menarik selera, biasanya lempeng pisang ini ditaburi dengan susu kental manis dan butiran keju.
Sementara untuk membuat es kembang tahu yang biasa disajikan bersama lempeng pisang, juga dibutuhkan waktu yang tidak begitu lama.

Dalam sajian ini, tahu akan diolah menjadi minuman yang disajikan dengan campuran buah nanas. Untuk memberikan rasa manis dan segar, tahu kemudian ditaburi gula yang kemudian dipotong-potong dan dicampur butiran buah nanas, serta air buah nanas.

Karena disajikan dan dinikmati dalam bentuk minuman, kembang tahu ini cukup segar jika dinikmati dengan menggunakan es batu.

Soal harga, tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Harga sepiring makanan lempeng pisang hanya 8 Ribu Rupiah. Sementara untuk harga es kembang tahu hanya 6 Ribu Rupiah per gelasnya. Asyik kan?

0 comments:

Post a Comment