MENDETEKSI WEBSITE PALSU DENGAN JAVASCRIPT



Banyak orang berpikir bahwa Javascript adalah bahasa inferior yang berguna untuk sekedar membuat web saja. Padahal, di samping fungsinya tersebut Javascript juga merupakan bahasa penuh sensasi. Javascript memiliki berbagai rahasia yang hanya akan terungkap bagi mereka yang rasa ingin tahunya cukup tinggi.

Dengan javascript Anda dapat melakukan banyak hal seperti mengubah halaman, membuat gambar animasi dan lain sebagainya.

Javascript ternyata juga dapat digunakan untuk mendeteksi halaman sebuah web yang palsu atau situs phishing. Hal ini penting, terutama jika Anda akan melakukan transaksi dengan kode rahasia, seperti akun perbankan, email, facebook dan lain sebagainya.

Kode javascript berikut ini, akan memberitahu Anda jika halaman yang sedang anda kunjungi adalah halaman palsu. Caranya, paste kode berikut ke address bar browser saat anda sedang berkunjung ke sebuah web. Layar pop up akan muncul memberitahu anda apakah website tersebut asli atau tidak.

Berikut kode Javascript-nya :
javascript:alert("Alamat URL seharusnya:\t\t" + location.protocol + "//" + location.hostname + "/" + "\nAlamat URL sekarang:\t\t" + location.href + "\n" + "\nJika tidak sesuai, berarti palsu.");

1 comment:

  1. nice
    skalian numpang ambil ya..
    thks..
    keep work!

    ReplyDelete