MENDULANG RUPIAH DARI BETERNAK KAMBING ETAWA



Beternak kambing etawa kini bisa bisnis yang menjanjikan. Selain bisa menghasilkan daging dan susu, kambing etawa bisa mengikuti kontes kambing yang kerap di gelar para penggemarnya.

Adalah Irfan, warga Desa Made Kecamatan Kota Lamongan Jawa Timur, merupakan salah satu peternak kambing etawa yang kini menikmati hasil dari usahanya.

Irfan memulai beternak kambing etawa enam bulan silam. Awalnya Irfan hanya memiliki tujuh ekor kambing etawa. Seiring perkembangan waktu, jumlah kambingya kini sudah berkembang biak menjadi 45 ekor.

Menurut Irfan, perawatan kambing yang postur tubuhnya lebih besar jika dibanding kambing biasa ini cukup mudah. Selain memberikan pakan dedaunan secara teratur, kambing juga perlu diberi makanan tambahan seperti ampas tahu yang dicampur gula tetes, kulit kedelai dan daun pepaya. Jenis makanan tersebut, akan mampu memaksimalkan hasil susu kambing etawa.

Selain menghasilkan daging, susu kambing etawa juga sangat bermanfaat jika dikonsumsi karena bisa menjadi obat alternatif untuk beberapa penyakit dalam.

Harga kambing etawa ini berfariasi antara 1,5 juta rupiah hingga 70 juta rupiah. Harga tertinggi bisa didapat jika kambing pernah mengikuti kontes dan menyabet juara.

Biasanya, kategori yang di lombakan dalam kontes kambing etawa meliputi, calon penjantan, calon indukan, gigi poel 3 pasang dan gigi poel 1 pasang.

Namun kegagalan dalam beternak kambing ini juga kerap dijumpai. Rata-rata peternak kambing gagal karena tidak memahami seluk-beluk kambing dan bagaimana cara perawatannya.

2 comments:

  1. Boleh juga peluang usaha ini. Salam sukses selalu.

    ReplyDelete
  2. Harga kambing 70 juta? Paling isunya "DITAWAR" 70 juta. Entah sapa yang nawar ga jelas. Permainan pasar yang merugikan dan membodohkan rakyat kecil

    ReplyDelete