MENUJU SUKSES DENGAN BUDIDAYA KEPITING KERAMBA



Bagi sebagian orang, musim hujan bisa saja merugikan karena bisa menyebabkan banjir. Namun tidak demikian halnya bagi pembudidaya kepiting yang menggunakan media keramba di wilayah Kecamatan Kraksaan Probolinggo Jawa Timur. Musim hujan justru sangat menguntungkan karena omset penghasilan dari usahanya meningkat tajam.

Ahmad Fadol (30 tahun) misalnya, warga Kebon Agung merasa mendapat berkah tersendiri pada musim hujan tiba seperti saat ini. Betapa tidak, usaha budidaya kepiting miliknya meningkat tajam, hingga 50 persen dalam sebulan.

Usaha yang dirintis sejak tahun 2009 dengan modal awal hanya 600 Ribu Rupiah, di musim hujan ini bisa berlipat ganda hingga puluhan Juta Rupiah. Sebab, pada musim hujan intensitas panas matahari menjadi berkurang yang menyebabkan kepiting berkembang dengan baik. Di samping itu, Risiko beternak kepiting juga relatif kecil. Kepiting jarang terkena penyakit dan jika banjir datang kepiting tidak akan hanyut karena terlindung dalam keramba.

Sedangkan Bila musim kemarau, Fadol hanya bisa memanen kepiting setiap 1 bulan saja, kini hanya membutuhkan waktu 15 hari untuk memanen, terutama kepiting yang berkualitas baik.

Masing-masing Satu dari 10 kerambah kepiting milik fadol, bisa menghasilkan sekitar 1 Kwintal kepiting siap panen. Sementara harga jual kepiting antara 150 hingga 175 Ribu Rupiah perkilogramnya. Jadi dengan 10 keramba dipastikan bisa menghasilkan uang 150 Juta Rupiah setiap kali panen.

Dengan di potong biaya operasional dan biaya karyawan sebesar 40 persen, setiap sekali panen, Fadol bisa meraup keuntungan bersih sekitar 100 Juta Rupiah dan dalam sebulan bisa mencapai 200 Juta Rupiah.

Proses budidaya kepiting jenis Jawa ini tergolong sangat mudah dan tidak memerlukan perawatan istimewa. Bibit kepiting mula-mula di masukan kerambah, kemudian di beri pakan ikan teri. Dalam waktu 15 hari, kepiting siap di panen dan di pasarkan dalam keadaan hidup.

Kepiting hasil budidaya ini biasanya di pasarkan ke sejumlah Negara Asia, seperti Jepang, Korea dan Thailand.

7 comments:

  1. gimana cara untuk mendapatkan bibit kepiting air tawar, dan cara pemasarannya kami berada di wilayah kab.serang,, apakah yakin kepiting bisa hidup di air tawar seperti irigasi persawahan??

    ReplyDelete
  2. asslm?salam sukses di kepiting haloooo semua,sy belum pernah liat kepiting di air tawar klu di sawah itu bukan kepiting,dan menurut sy kepiting untuk jenis air tawar itu endak ada,sy adalah pembudidaya kepiting dr 2009 tp untuk budidaya kepiting tawar sy belum pernah liat klu bpk kurang mengerti hbng saya di no 085233846466 name fadhol tofan probolinggo ok.

    ReplyDelete
  3. klo kepiting air tawar namanya yuyu,empedt yang banyak berkeliaran di sawah de

    ReplyDelete
  4. mohon bantuanya aku tertarik dengan usha kepiting ,,mhon yang lebih jelas lagi sperti dp /modal pertama berpa ?

    ReplyDelete
  5. asalmualikum nma ku ary aku dri pangandaran ku tertarik dengn bisnis kepiting ini mhon bimbingan n bantuanya

    ReplyDelete
  6. assalamu?salam semua teman yang pingin lebih tau tentang budidaya kepiting kramba atau liar/arti nya di lepas di tambak dan di bikin petak2,sy budidaya kepiting sejak 2009 dan melalui proses dan proses selalu mengalami evolosi dr kramba sampai liar dan ter nyata budidaya secara liar lbh bgs hasil nya 80 sampai 90 dalam segi kehidupan nya dan lebih di terima oleh pasar exspor khusus nya japan end tailan dan lain2 dan alhamdulillah sy jgk sdh bisa mendidik anak remaja dalam membudidaya kepiting yang sdh teruji dalam sdm dan kualitas nya,jd yang berminat bljr budidaya kepiting hbng 085233846466,biaya mrh buruan mumpung promo nih ha ha ha salam sukses.

    ReplyDelete
  7. salam sukses bung fadol... gmn budidayanya, msih exis g ?? sy tertarik ne untuk bljar budidaya kepiting..

    ReplyDelete