KONRO BAKAR PENAMBAH KEBUGARAN



Jika Anda sedang jalan-jalan di kota Makassar, tak lengkap rasanya jika Anda tidak mencicipi masakan khas Kota Daeng tersebut. Salah satunya adalah sop konro baker, seperti yang di sajikan di sebuah warung Jalan Lompo Battang, atau sekitar lima puluh meter dari lapangan Karebosi Makassar.

Asal kata konro sendiri berasal dari bahasa Makassar yang berarti tulang iga. Jadi, sop konro baker adalah sop dengan tulang iga yang dibakar.

Namun jangan salah dulu! Masakan konro bakar, bukan berarti konro atau tulang iga murni yang dibakar. Namun masih ada daging tipis tetap disisakan menempel pada tulang iga tersebut. Konro bakar disajikan dengan tambahan bumbu kacang, mirip bumbu sate. Konro bakar, lebih nikmat jika disantap dengan nasi,atau ketupat.

Cara pembuatan konro bakar sangat sederhana,yakni dari bahan tulang iga sapi yang setelah dicuci,selanjutnya direbus dengan air yang telah dibumbui dengan bumbu seperti bawang merah,bawah putih,cabe rawit,serta bumbu rempah-rempah tambahan lainnya.

Daging tulang iga direbus,supaya menjadi lunak dan bumbunya bisa merasuk,hingga ke sela-sela tulang.

Setalah direbus,daging tulang iga atau konro itu selanjutnya dibakar hingga masak,lalu diberilah bumbu kacang yang sedikit pedas.hemmm, konro bakar pun siap disajikan.

Hemm.., terasa lebih nikmat lagi jika tulang iga ini dikulum. apalagi sopnya merupakan sop khas cita rasa Makassar yang dibuat dari bumbu rempah-rempah.

Penyebutan kata sop sendiri, sengaja menggunakan huruf tengah ”o” bukan ”u”, karena sop adalah berarti “saya orang Pangkep”. Penjual konro bakar, rata-rata berasal dari Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Pengunjung warung sop konro bakar karebosi mengaku puas, dengan sajian konro bakar di sini. Karena selain racikan bumbu kacangnya yang khas dan sedikit pedas, bumbu rempah-rempah lainnya juga merasuk ke sela-sela tulang, hingga membuat pengunjung ketagihan untuk mengulum tulang.

Dan ternyata, selain konro bakar dikenal lezat, juga dipercaya menambah kebugaran, karena bahan bumbu rempah-rempahnya tersebut.


digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Melukis Daun Banyaknya daun kering berjatuhan akibat musim kemarau, mengispirasi siswa sekolah dasar di Gresik Jawa Timur, melukis di daun kering. Dengan kegiatan ini, siswa bisa memahami, jika sampah daun, bisa di manfaat....
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...