NIKMAT ALAMI SUP KUNING IKAN GABUS



Sup ikan memang sudah banyak kita jumpai. Namun pernahkah anda mencicipi rasa sup ikan gabus kotok dengan kuah asem warna kuning, khas Lamongan Jawa Timur. Selain rasanya yang sedap dan nikmat, sup ikan gabus dengan bumbu jawa yang khas tersebut, bisa juga menjadi obat alternatif penyembuh penyakit dalam.

Di sebuah warung sederhana di Jalan Jaksa Agung Suprapto Kota Lamongan, menu ikan gabus kuah kuning atau dalam bahasa masyarakat setempat di kenal dengan nama, kelo asem kotok, bisa kita jumpai. Kelo asem merupakan sebutan jawa yang berarti sup asam. Sedangkan kotok merupakan ikan gabus.

Kelo asem kotok ini memang di sajikan sangat dengan cara sangat sederhana. Namun kelebihan menu yang satu ini terdapat pada ramuan khas bumbu jawa yang terdapat pada kuahnya.

Cara pengolahannya, ikan gabus terlebih dahulu di bersihkan sisiknya, untuk menghilangkan bau amis. Selanjutnya, ikan di potong-potong ukuran kecil agar bumbu mudah meresap dan akan mudah menyantapnya.

Bumbu tradisional, menjadi bagian utama dalam proses pembuatan kuah gabus, seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, cabe dan tak lupa buah asem sebagai penambah rasa kecut. Bumbu bumbu tersebut di haluskan kemudian di campur dalam air.

Setelah kuah mendidih, ikan kotok siap di campurkan ke dalam kuah. Saat di rasa sudah matang, kelo asem kotok ini pun siap di hidangkan.

Selain rasanya yang nikmat, para pelanggan percaya, menu ikan gabus bisa menjadi obat alternatif mengobati penyakit dalam seperti liver dan maag. Meski belum ada pernyataan medis, namun keyakinan pelanggan ini sudah sedemikian rupa terbentuk sejalan dengan kenikmatannya yang alami.

Sajian kelo asem kotok ini terasa nikmat karena dagingnya yang empuk. Bahkan menu ini merupakan sajian bebas kolesterol.

Bila anda ingin mencicipinya, anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup dengan membayar delapan ribu per porsi, anda di jamin puas.(86)



digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Melukis Daun Banyaknya daun kering berjatuhan akibat musim kemarau, mengispirasi siswa sekolah dasar di Gresik Jawa Timur, melukis di daun kering. Dengan kegiatan ini, siswa bisa memahami, jika sampah daun, bisa di manfaat....
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...