BERWISATA SAMBIL BELAJAR IPTEK



Obyek wisata yang satu ini bisa menjadi alternatif bagi Anda para orang tua yang akan mengisi wisata liburan sambil menambah wacana Iptek pagi anak Anda. Ya, namanya Wahana Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Reptile & Insect Park Kecamatan Kutasari Purbalingga Jawa Tengah. Di sini anak bisa melihat langsung peragaan aneka ilmu pengerahuan terutama fisika. Jadi selain bersenang-senang juga bisa bermanfaat.

Ada peragaan kotak hituangan semacam teka-teki yang bisa mengasah kemampuan matematika anak. Selain penjumlahan dan pengurangan, anak bisa mempraktekan langsung kemampuan berpikir dan memecahkan persoalan melalui hituangan perkalian dan pengurangan.

Gejala angin puting beliung pun di sini sudah tidak jadi misteri lagi, karena ada peragaan dengan menggunakan tabung air yang menggambarkan proses terjadinya angin puting beliung. Selain peragaan juga ada papan penjelasan tertulis. Kalau masih bingung, ada pemandu juga yang siap menjelaskan secara gamblang semua peragaan di sini.

Bagaimana dengan gejala petir yang bisa ditemui saat hujan. Dengan peragaan ini anak bisa melihat langsung proses terjadinya petir bahkan percikan api layaknya petir juga. Tentu saja ukurannya sangat kecil agar tidak membahayakan. Nada musik dan aneka gerak bisa juga dipelajari di sini.

Ada satu lagi yang unik, melalui alat bernama giroskop, anak bisa mengetahui bagaimana sebuah helikopter berputar dan berbelok. Bahkan bisa mempraktekkan langsung dengan peraga sederhana ini.

Yang lebih unik lagi adalah mencoba tidur di atas dipan penuh paku tajam. Ini bukan sulap, tetapi bisa dijelaskan secara ilmiah fenomenanya. Dan sebagai pelengkap anak juga bisa mengunjungi museum wayang dan artefak di sini.

Selain ilmu pengetahuan modern, anak juga bisa mempelajari dan melihat langsung warisan budaya leluhur seni wayang, bukan saja wayang kulit tetapi juga aneka wayang yang ada di Nusantara ini, lengkap dengan alat musik dan pakaian khasnya. Lebih lengkap bisa dibaca di perpustakaan musem. Jadi isi liburan anak Anda dengan hal yang lebih bermanfaat dan bernilai tambah. Selamat berlibur!

0 comments:

Post a Comment