KOPI CACING, ALTERNATIF OBAT PENYAKIT DALAM



Di Lamongan Jawa Timur, sebuah warung kopi menyuguhkan minuman kopi dengan campuran cacing tanah. Di percaya, kopi cacing dapat menyembuhkan berbagai penyakit dalam. Kopi cacing ini dapat di nikmati semua kalangan, baik anak-anak maupun orang tua.

Cacing tanah bagi sebagian orang merupakan hewan yang menjijikkan karena bentuk dan hidupnya di tempat yang kotor.

Siapa sangka, di sebuah warung sederhana milik pak Brewok di Jalan Pahlawan Kelurahan Tumenggungan Kota Lamongan, cacing tanah di suguhkan dalam bentuk minuman kopi cacing. Kopi cacing di percaya dapat menyembuhkan penyakit dalam.

Pak Brewok yang memiliki nama asli Kamari ini, telah bergelut dengan kopi cacing sejak empat tahun lalu.

Pengolahan cacing cukup di goreng. Sebelumnya, cacing di peroleh pak Brewok disekitar pakarangan rumahnya. Cacing yang masih bercampur tanah di bersihkan dengan air. Tak perlu waktu lama, cacing kemudian di goreng tanpa bumbu. Usai di goreng hingga gosong, cacing kemudian di haluskan dengan sendok, cukup di atas cobek kecil.

Untuk lebih istimewa dan menghilangkan rasa amis, kopi cacing di suguhkan bercampur dengan jahe dan susu. Satu sendok kecil serbuk cacing cukup untuk satu gelas kecil kopi cacing. Kopi cacing pun siap di hidangkan.

Menurut Kamari, kopi cacing di percaya menyembuhkan penaykit dalam seperti sakit panas, mag, liver, tipus dan penyakit dalam lainnya. Kopi cacing dapat di numum semua kalangan, baik anak anak maupun orang tua.

Toni salah satu pelanggan tetap kopi cacing mengaku telah mengkonsumsi kopi cacing cukup lama. Terbukti kopi cacing dapat menyembuhkan peyakit dalam, seperti penyakit tipus yang di alaminya.

Meski belum ada penjelasan medis mengenai khasiat cacing ini, pak Brewok beserta pelanggannya optimis, bahwa kopi cacingnya mampu menjadi alternatif bagi para penderita penyakit liver, tipes dan penyakit lainnya. Terbukti, pelanggan semakin banyak dan belum ada yang komplain dengan resep kopi cacingnya.(86)

0 comments:

Post a Comment