LOMBA BLOG INTERAKTIF UNTUK GURU



Ada yang berbeda dalam Lomba Blog Interaktif Guru dalam rangka Hari Jadi Lamongan (HJL) ke-442 tahun ini. Pesertanya kali ini diharuskan membuat desain web blog (blog) di hadapan panitia. Hal tersebut untuk mengantisipasi peserta yang blognya dibuatkan orang lain.

Di prediksi, Puluhan guru kembali akan berkompetisi dalam Lomba Blog Interaktif Guru dalam rangka HJL. Kegiatan itu adalah bagian dari kampanye pemanfaatan teknologi informasi (TI) sebagai media pembelajaran.

“Siswa kini sudah tidak awam dengan dunia maya. Karena itu diharapkan pengajar juga bisa menyesuaikan dengan kecepatan perkembangan siswanya. Salah satunya bisa dengan memanfaatkan blog sebagai media pengajaran yang selaian efektif juga lebih efisien, “ ujar Kepala Kantor Pengolahan Data Elektronik (KPDE) Hurip Tjahyono melalui Kabag Humas dan Infokom Anang Taufik, Senin (23/5).

Dijelaskan pula olehnya, mulai tahun ini peserta lomba diharuskan membuat desain blognya langsung di hadapan panitia. “Ini hanya sebagai penegas saja bahwa blog yang didesain benar-benar milik guru bersangkutan. Tahun lalu peserta tinggal mengirim alamat blognya ke panitia via email. Semoga dengan aturan baru ini akan bisa semakin meningkatkan mutu media ajar yang dibuat guru di blognya,“ imbuhnya.

Selain Lomba Blog Interaktif Guru, KPDE tahun ini juga Menggelar Kompetisi Film Pendek Tingkat Pelajar. kompetisi film pendek tersebut diharapkan bisa menjadi wadah pelajar untuk menyalurkan bakat kreatif siswa dalam pembuatan film tentang wisata, kuliner dan produk ungulan di Lamongan. Kompetisi ini dikususkan untuk pelajar SMP dan SMA sederajat.

Film yang dikirimkan ke panitia haruslah film dengan ide yang orisinal dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis. Sementara penggunaan bahasa, panitia tidak akan membatasi penggunaan bahasa dalam film pendek tersebut. Selama tidak mengandung unsur SARA, peserta dibebaskan memilih bahasa yang digunakan. Baik itu bahasa daerah maupun asing. Tentunya dengan konsekuensi harus menyertakan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia.

1 comment:

  1. semoga para guru makin kreatif n maju...... cayoooooo

    salam persahabatan selalu dr MENONE

    ReplyDelete