MENAPAK SUKSES MELALUI DRESS PAINTING



Berawal dari sekedar hobi, Indah Nur Qoriah, seorang pelukis baju (dress painting) di kawasan Asri Katon, Pakis, Malang, Jawa Timur, kini mampu menjadi seorang wirausahawan sukses.

Sembilan tahun lalu, usaha jahit yang dijalankan suaminya bangkrut. Berbekal kegemaran menjahit, Indah mulai menggantikan peran sang suami untuk mencari nafkah.

Pekerjaan yang ditekuninya, perlahan mulai membuahkan hasil. Usaha jahitannya berkembang, lalu muncul ide melukis di atas kain termasuk aneka busana dengan lukisan tangan dan sulaman cantik dan unik.

Karya baju lukis ini pun, mendapat sambutan positif para pelanggannya, hingga pesanan terus berdatangan dari berbagai daerah. Dampaknya, tak hanya ekonomi keluarga yang terselamatkan, namun sang suami ikut terlibat lagi dalam mengembangkan usaha ini.

Seiring berkembang usahanya, sebanyak 30 remaja putri, yang sebagian besar tidak sanggup melanjutkan sekolah, kini bekerja di membantu Nur Indah. Perlahan, karya-karya Indah kini semakin diburu butik-butik dari kota-kota besar. Bahkan mulai dari harga termurah, yakni 50 Ribu Rupiah hingga Jutaan Rupiah omset perbulan, mampu diserap habis.

Murah dan mahalnya produk buatan tangan ini, tergantung dari bahan kain untuk melukis cat tekstil dan tingkat kesulitan motif lukisannya.

Untuk menghasilkan produk lukisan yang berkualitas, perajin Indah Nur, menggunakan pewarna spesial yakni polystrek dan katalis, untuk penguat warna. Karena itu, meskipun lukisannya dibuat secara timbul dan mirip hasil bordiran, tetapi warnanya tidak mudah pudar.

Beragam corak dan motif kreasi baju lukis kini merambah pada mukena dan beragam jenis tas lukis. Sebagian besar, adalah pesanan pabrik skala besar, dengan permintaan produksi rata-rata seribu buah per bulan.

Jumlah produksi ini, belum termasuk pesanan baju lukis ekslusif yang hingga kini seperti tak berhenti mengalir. Tak heran, jika omzet penjualan baju lukis ini, mencapai puluhan juta rupiah per bulan.

Sebuah pencapaian yang pantas diteladani. Dari keterpurukan ekonomi dan tak berhenti berkreasi, mampu menghasilkan karya berbuah kesuksesan.

2 comments:

  1. bagamana cara menghubungi ibu nur qoriah ini...

    ReplyDelete
  2. Apakah ada rok bawahan panjang? Dan alamat show room nya dimana ya ?

    ReplyDelete