SATE UDANG DAUN PISANG KHAS PANTAI SELATAN



Namanya Warung Panggung, terletak di desa Besini Kecamatan Puger Jember Jawa Timur. Diberi nama warung panggung karena disusun seperti panggung dengan ketinggian sekitar satu meter.

Untuk menjangkau warung panggung ini bisa melalui jalan darat, maupun perahu karena berada persis di pinggir sungai laut selatan.

Sekilas tak ada yang unik dari warung makan milik ibu Yustina ini. Namun yang membedakan dengan warung lainnya adalah menu yang ditawarkan kepada para pembeli, yaitu sate udang daun pisang. Karena menu inilah, warung panggung tak pernah sepi dari pembeli, bahkan dari luar kabupaten Jember sekalipun.

Meski cara pembuatannya terbilang sederhana, tapi soal rasa Anda tak perlu khawatir. Pertama-tama, udang segar yang sudah dibersihkan direndam dengan air jeruk untuk menghilangkan bau amis. Selanjutnya udang ditusuk sate dan dilumuri bumbu bawang putih, mentega, merica yang dihaluskan dan tentu saja kecap manis.

Untuk menambah aroma alami, sebelum dibakar, udang dibungkus daun pisang. Menurut sang pemilik warung, yustina, selain menambah aroma, daun pisang berfungsi untuk menjaga kualitas pembakaran supaya lebih merata dan bumbu lebih merasuk ke dalam udang.

Sate udang daun pisang selanjutnya disajikan dengan daun kemangi dan bumbu sate pada umumnya. Meski tak ada kiat promosi khusus untuk menggaet calon pembeli, namun proosi hanya dilakukan dari mulut ke mulut.

Sejumlah pelanggan mengaku, meski baru pertama kali berkunjung ke tempat ini, merasa sangat puas dengan sajian menu sate udang daun pisang.

Soal harga, anda tak perlu khawatir karena sate udang daun pisang tak akan menguras dana liburan anda. Untuk satu porsi, sate udang daun pisang dilepas seharga 15 Ribu Rupiah.

0 comments:

Post a Comment