SOTO KLETUK, RASANYA KLETAK KLETUK


Bagi Anda yang akan berkunjung ke Rembang, Jawa Tengah, jangan lupa mampir ke Depot Makan Mapan yang ada di Jalan Kartini No. 42, kota Rembang. Di sini anda akan menemukan makanan soto yang unik, namanya soto kletuk.

Bahan dan bumbu soto kletuk memang sama dengan soto pada umumnya, yakni mie soun, taoge, suwiran ayam, daun seledri, dan bawang goreng. Yang membedakannya, adalah kuahnya yang bening tanpa menggunakan santan serta tambahan kletuk pada menu soto.

Ya, kletuk yang ditambahkan ke dalam menu soto membuat penikmatnya akan merasakan cita rasa soto yang gurih dan renyah serta berbeda dari kebanyakan soto di daerah lain.

Kletuk terbuat dari getuk yang digoreng dan di potong kecil- kecil. Tidak sembarang getuk bisa dibuat kletuk. Hanya getuk dari bahan baku ubi kayu yang bisa dibuat kletuk.

Menurut penjualnya, ibu Yohana Ningsih, ide pembuatan soto kletuk berawal saat dirinya membeli soto di sebuah warung yang ada di kota Blora Jawa Tengah. Di warung tersebut Yohana menjumpai makanan getuk goreng yang ikut disajikan oleh penjualnya. Setelah memakan dan mencampurnya dengan soto untuk lauk, ternyata Yohana merasakan cita rasa yang beda.

Yohana kemudian mencoba resep masakan soto dengan menambahkan getuk goreng. Setelah merasakan sensasi yang beda, yohana, Yohana kemudian memperkenalkannya ke masyarakat dan ternyata banyak yang suka. Dari situlah yohana kemudian melengkapi warungnya dengan menu masakan soto kletuk.

Para penikmatnya mengaku, sensasi rasa kletuk kletuk yang gurih dan renyah membuat mereka ketagihan untuk menikmati soto kletuk.

Harga satu porsi soto kletuk tergolong murah, yakni hanya Lima Ribu Rupiah. Karena itulah, setiap hari puluhan pelanggan soto kletuk, selalu menyempatkan diri mampir ke depot makan mapan yang buka pukul tujuh hingga tiga sore, untuk menyantap soto bikinan ibu Yohana.

0 comments:

Post a Comment