MENIKMATI KEINDAHAN ALAM MUNTOK DARI MERCUSUAR



Mercusuar merupakan alat navigasi untuk memandu kapal laut dalam pelayarannya. Namun di kota Muntok-Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebuah Mercusuar bernama Mercusuar Kelian, dijadikan objek wisata karena nilai sejarahnya. Bahkan, anda juga bisa menikmati keindahan alam Bangka Belitung dari atas Mercusuar.

Bangunan setinggi 52,7 meter ini dibangun Pemerintah Belanda pada tahun 1862, dengan arsitektur bergaya inggris. Hingga saat ini Mercusuar tersebut masih berfungsi dengan baik, dan memancarkan cahaya lampu sejauh 25 Mil. Fungsi utamanya adalah untuk memandu kapal yang akan berlabuh atau melintasi perairan bangka.

Namun di balik fungsinya tersebut, Mercusuar bersejarah itu juga menawarkan petualangan baru berwisata, untuk mengisi liburan Anda, karena bisa menikmati keindahan alam Bangka Belitung dari atas Mercusuar.

Untuk mencapai ke puncak menara setinggi 60 meter tersebut, pengunjung harus menaiki tangga 18 lantai. Memang melelahkan, tapi sesampainya di atas pengunjung bisa menikmati pemandangan indah pantai tanjung kelian.

Cukup membayar biaya kebersihan ssecara sukarela, kita sudah dapat mulai menyusuri 199 anak tangga yang melingkar menuju puncak menara.

Tidak hanya itu, disekitar Mercusuar juga tampak hamparan pantai yang indah, yang juga pernah menjadi saksi perang dunia ke 2. Sebuah bangkai kapal tua, Van Der Parra yang tenggelam karena dihujani bom oleh Jepang, masih tampak di tepi pantai.

0 comments:

Post a Comment