PANTAI WATU PARUNU, PESONA DIBALIK KEGERSANGAN ALAM



Kekeringan kerap menghantui Kabupaten Sumba Timur Propinsi Nusa Tenggara Timur. Namun satu yang tak bisa dipungkiri adalah, sumba timur sejatinya memiliki pesona sejumlah pantai dan obyek wisata bahari yang menarik. Salah satunya adalah Pantai Watu Parunu Di Kecamatan Wulla Waijelu.

Pantai yang berjarak lebih dari 135 kilometer dari kota Waingapu tersebut, memiliki pesona cadas dan tebing terjal yang exotis. Pantai tersebut memiliki tebing dan goa batu yang disebut sebagai gerbang masuk Pantai Selatan Sumba Timur, tebing dan karang terjal dengan liukan dan lekukan ukiran alam. Suatu pemandangan pantai dengan pasir putih yang begitu luas terbentang dan ombak biru berkejar-kejaran, sungguh suatu pemandangan yang tak terkatakan.

Karena posisinya yang agak terpencil, tak banyak warga yang menikmati pesonanya. Pesona pantai tersebut dibawa dari mulut kemulut pada akhirnya mengundang rasa penasaran sejumlah warga kota waingapu untuk menikmatinya.

Selain menikmati keindahan pantai dan pesona cadas terjalnya, jika beruntung pengunjung bisa mendapati nelayan yang sedang mengolah hasil tangkapannya dipinggir pantai. Tidak perlu untuk membeli mahal, cukup dengan uang tidak lebih dari 10 Ribu Rupiah, pengunjung bisa mendapat 5 ekor ikan cakalang yang lazim disebut ikan 5 jari untuk langsung dibakar dipinggir pantai.

Sayang pesona pantai dan sejumlah obyek wisata lainnya di Sumba Timur belum dioptimalkan dan diekspose secara luas. Padahal jika dikenal luas bukan tidak mungkin prahara kekeringan yang senantiasa menghantui wilayah ini bisa ditangkal atau paling tidak diminimalisir dampaknya.

1 comment:

  1. lebih detail lagi gan...perbanyak gambarnya

    pengen liat airterjun terbaik dan terindah di sul-sel???
    liat disini:
    http://dualima.com/bantimurung-objek-wisata-terbaik-di-sulawesi-selatan.html

    ReplyDelete