SEDAPNYA IKAN PATIN DIMASAK DALAM BAMBU



Jika berkunjung ke kota Semarang Jawa Tengah, jangan lupa mampir ke rumah makan kampung laut di kawasan Wisata Puri Maerokoco, sekitar limaratus meter sebelah utara Jalan Arteri Yos Sudarso Semarang. Salah satu menu yang khas di rumah makan tersebut adalah IKAN PATIN PEPES BUMBUNG. Nama bumbung adalah sebutan untuk bambu bagi orang Jawa. Artinya, ikan patin dimasak pepes dengan cara dibakar di dalam potongan bambu.

Ikan patin yang akan dipepes adalah ikan segar yang diambil langsung dari dalam kolam. Lalu ikan dibelah dan dibersihkan. Kemudian di siapkan bumbu rempah yang diramu secara khusus untuk menghilangkan aroma amis ikan sekaligus memberi citarasa gurih pada ikan patin. Nah, bumbu yang sudah jadi lalu dilumurkan pada ikan patin. Selembar daun pisang dipakai untuk membungkus ikan. Baru kemudian dimasukkan ke dalam potongan bambu.

Proses selanjutnya, bambu yang berisi ikan patin, dibakar dengan dibolak balik selama 30 menit, hingga seluruh permukaan bambu gosong.

Setelah di rasa masak, bambu dibelah. Setengah bambunya diluang, setengah bambu lainnya tetap menampung ikan hingga ke penyajian. Di atas meja, daun pisangnya dibuka dan dipindahkan ke dalam piring. Nah, ikan patin pepes bumbung kini siap disantap.

Perpaduan aroma daun pisang, bambu dan arang batok kelapa untuk membakarnya, membuat citarasa pepes ikan patin sangat beda dan lebih sedap.

Sepotong pepes bumbung ikan patin dijual seharga Rp 75.000 dan bisa dinikmati untuk empat hingga lima orang.

0 comments:

Post a Comment