SEMUR KIKIL YANG EMPUK DAN NIKMAT



Daging kambing ternyata sudah banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti sate, gulai dan sop kambing. Namun dikota Tegal Jawa Tengah ada sebuah warung makan yang hanya menawarkan menu khasnya yaitu masakan semur kikil kepala kambing. Semur kikil kepala kambing bumbu kecap khas Tegal, banyak digemari dan sudah lama menjadi makanan favorit. Selain dagingya terasa empuk, rasanya juga berbeda dengan masakan kikil lainya.

Meski masih menggunakan daging kambing, namun yang dipergunakan sebagai dasar bahan baku masakan ini, hanyalah bagian kepala dan kaki kambing saja. Dan ternyata makanan ini banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat, hal ini dibuktikan dengan selalu dipenuhinya warung ini dari pembeli mulai buka hingga tutup.

Warung kikil Dirman yang terletak di Jl Raya Talang, Kota Tegal, sudah berdiri sejak puluhan tahun silam, dan selalu laris manis dari para pelangganya. Awalnya, Pak Dirman (Pemilik Warung) menjual sate dan gulai kambing, namun karena sudah banyak warung yang menjual menu tersebut, lantas dirinya beralih mencari menu baru. Ternyata mendapat sambutan bagus. Sejak itu dirinya hanya menjual satu menu saja, yaitu kikil kepala kambing.

Berbagai alasan banyak diungkapkan oleh para pelangganya. Menurut mereka meski banyak warung yang menyediakan menu serupa namun kikil bikinan Pak Dirman, mempunyai ciri khas tersendiri, yang membedakanya yaitu dagingnya terasa empuk, kenyal dan bau kambingnya tidak menyengat, selain itu juga pada rasa bumbunya yang khas.
Menurut Pak Dirman, sebenarnya tidak ada resep rahasia dalam mengolah kikil, hanya mungkin pada pemilihan kepala dan kaki kambingnya yang dipergunakan sebagai bahan dasarnya, dia mengaku hanya mempergunakan kambing yang baru berusia dibawah lima bulan, sehingga dagingya tidak alot.

Proses pembuatanya pun sederhana, pertama kali kepala dan kaki kabing dibakar untuk membersihkan bulunya, kemudian direbus selama minimal dua jam, setelah dipotong kecil-kecil kemudian di kasih bumbu dan dicampur dengan kecap dan ditambah dengan irisan cabe hijau.

Untuk setiap porsinya, dirinya mematok harga 10 Ribu Rupiah sudah termasuk dengan minumanya yang disesuaikan dengan kesukaan pelanggan, bisa es teh manis atau es jeruk, selain masyarakat sekitar, pelangganya juga banyak yang berasal dari luar kota, apabila anda penasaran dan ingin mencicipinya, sulahkan singgah diwarung makan kikil pak dirman, warungnya buka mulai dari jam 9 pagi hingga jam 7 malam saja, setiap harinya rata-rata dirinya menghabiskan 25 kepala kambing dan 100 pasang kaki kambing.

0 comments:

Post a Comment