SOUVENIR CANTIK DARI LIMBAH KORAN




Limbah koran bagi kebanyakan orang, merupakan sampah yang kurang berguna. Namun tidak demikian bagi Siswa Sekolah Dasar di Gresik Jawa Timur, yang mengisi liburan dengan menyulap limbah koran menjadi aneka souvenir cantik (17/06/2011.)

Seperti yang dilakukan oleh Siswa Sekolah Dasar Nahdatul Ulama (SD NU), Kecamatan Kota Gresik yang membuat aneka souvenir cantik dari limbah koran. Souvenirnya berupa, minatur rumah, Becak, Sepeda Motor Harley Davidson, Gerobak hingga Jembatan Suramadu.

Meski tampak cantik, namun, cara membuatnya sebenarnya sangat mudah. Mula-mula, kertas koran di potong kecil lalu di gulung kecil. Gulungan koran kemudian di potong sesuai ukuran. Nah! Gulungan koran ini yang kemudian di bentuk menjadi berbagai aneka souvenir tadi.

Mengisi liburan dengan cari seperti ini, membuat para siswa senang. Pasalnya, di samping menghibur dan berkarya, juga menjadi ajang kreatifitas dalam mengolah limbah yang selama ini di anggap tidak berharga.

“Kita mencoba mengajarkan pemanfaatan limbah koran agar anak-anak peka terhadap kondisi lingkungan sekitarnya”, ujar Lutfi Efendi(Guru Pembina).

Souvenir karya siswa, selanjutnya di kumpulkan di showroom kelas, untuk selanjutnya di akan di tampilkan dalam berbagai pameran yang ada di Gresik.

2 comments:

  1. PRATIWI @YAHO.COM29 May 2012 at 23:08

    YA AMPUN BAGUS BANGET !!!
    AKU AJA BELUM TENTU BISA BUAT SEBAGUS ITU SALUT DEH !!!!

    ReplyDelete