AJARKAN JUAL PRODUK UKM LEWAT E-COMMERCE



Gedung Pusat Komunikasi Kreatif (PKK) di Lamongan ternyata telah difungsikan. Di gedung yang sarat fasilitas media teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tersebut, Kamis (7/7) sebanyak 12 pelaku sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) menerima pelatihan melakukan transaksi produknya lewat jalur e-commerce.


Dalam pelatihan yang diberikan pengelola PKK bersama Kantor Pengolahan Data Elektronik (KPDE) tersebut, UMKM diajarkan memasarkan dan melakukan proses jual beli secara online. “Melalui software Warmasif atau Warung Masyarakat Informasi, produk UMKM dapat dipasarkan dan diketahui oleh semua pengguna internet. Pemasaran via online ini bisa menghemat biaya promosi maupun administrasi karena semua layanan di dalamnya disediakan secara cuma-cuma, “ ungkap Kepala KPDE Hurip Tjahyono kemarin melalui Kabag Humas dan Infokom Anang Taufik.

“Fasilitas di PKK itu bisa diakses semua UMKM di Lamongan secara gratis, “ ujarnya. Untuk bisa menawarkan produk melalui layanan tersebut, lanjut dia, pelaku usaha harus datang ke PKK dengan menyertakan biodata dan foto produknya yang akan diinput ke website oleh pengelola PKK. “Pelaku UMKM akan menerima informasi dari pengelola setiap kali produknya dipesan konsumen. Keamanan transaksinya dilindungi karena pengiriman barang hanya bisa terjadi jika konsumen sudah mentransfer uangnya, “ katanya menambahkan.

Di ruang pendidikan PKK, ada 13 unit PC yang terkoneksi dengan jaringan internet. 12 unit PC digunakan untuk pelaku UMKM, sementara satu unit lainnya digunakan oleh pengelola. Fasilitas internet yang juga disediakan gratis untuk pelaku UMKM itu bertujuan mengurangi kesenjangan akses masyarakat terhadap layanan informasi, pengetahuan dan komunikasi, serta meningkatkan kecerdasan dan perekonomian masyarakat. Bagi pelaku UMKM, Warmasif menjadi sarana untuk bertransaksi secara online, baik pembelian atau sarana untuk mempromosikan dan menjual hasil produk.

Seperti diketahui pembangunan Gedung PKK tersebut hasil kerjasama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan Pemkab Lamongan. Dalam bangunan PKK itu ada tiga ruangan yang bisa dimanfaatkan UMKM.

Yakni ruang pamer yang akan diberi fasilitas TV plasma dan satu set komputer untuk menampilkan karya UMKM. Kemudian juga ada ruang pendidikan yang juga dilengkapi perangkat TI lengkap termasuk fasiltas koneksi internet untuk memberi pelatihan UMKM. Terakhir adalah ruang kreatifitas. Dalam bangunan PKK ini UMKM bisa belajar untuk meningkatkan kreatifitasnya dengan fasilitas media TIK yang disediakan.

0 comments:

Post a Comment