MANFAAT KESEHATAN DAN EKONOMI ROYAL JELLY MENGGIURKAN



Selain madu, lebah juga dikenal sebagai penghasil royal jelly. Zat yang digunakan sebagai pakan lebah ratu ini, memiliki khasiat luar biasa untuk kesuburan kandungan dan regenerasi sel tubuh. Karena khasiat tersebut, kini para petani Joyal Jellydi Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kudus Jawa Tengah, meraup untung lebih di musim panen.

Sebanyak 340 kotak sarang lebah ditempatkan di sekitar lokasi kebun. Pada bulan juli seperti sekarang, jenis bunga yang sedang berkembang untuk pakan lebah adalah bunga pohon randu.

Berbeda dengan madu yang diambil dari rumah lebah, Royal Jelly dipanen dari frame mangkuk di dalam kotak koloni lebah. Untuk mendorong lebah pekerja menghasilkan royal jelly. Setiap mangkuk di isi larva lebah yang baru berusia 2-3 hari. Joyal Jellydalam mangkuk ini juga menjadi pakan bagi lebah ratu.

Selang 2 minggu, frame mangkukan telah penuh dengan Royal Jelly yang siap dipanen. Namun, larva yang terdapat dalam mangkuk harus diambil terlebih dahulu sebelum panen dilakukan.

Kandungan di dalam royal jelly, ternyata memiliki khasiat luar biasa. Yang paling utama adalah hormon gonadotropin yang bermanfaat untuk menyuburkan kandungan. Hal ini ditunjukkan oleh sifat lebah ratu yang senantiasa melakukan reproduksi. Selain itu, kandungan enzim dan asam amino didalamnya bermanfaat untuk regenerasi sel tubuh sehingga menjadikan seseorang awet muda dan terhindar dari berbagai penyakit.

Melihat khasiatnya yang sangat penting, tak heran jika harga produk lebah yang satu ini cukup mahal. Untuk setiap 1 kilogram royal jelly, harga berkisar satu setengah juta rupiah.

Sedangkan untuk konsumsi, Royal Jelly biasanya digunakan sebagai campuran dalam madu dengan perbandingan tiap 650 ml madu ditambahkan 0,2 ons Royal Jelly.

Kini para petani royal jelly di kawasan pegunungan Kabupaten Kudus sedang meraup keuntungan lebih karena memasuki masa panen madu sekaligus Royal Jelly. Seiring dengan semakin cerahnya prospek, budidaya royaljelly juga semakin diandalkan menjadi mata pencaharian sehari hari masyarakat setempat. Apalagi, dalam satu tahun, peternak bisa panen hingga 10 kali.

4 comments:

  1. info yang sangat bagus sobbb. . .baru tau nich.. !

    ReplyDelete
  2. assalamualaikum sobat.
    bagi yang butuh royal jelly maupun beepollen/tepung sari bisa hubungi saya di 083842759134.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. assalamualaikum sobat.
    bagi yang butuh royal jelly maupun beepollen/tepung sari bisa hubungi saya di 083842759134.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. assalamualaikum sobat.
    bagi yang butuh royal jelly maupun beepollen/tepung sari bisa hubungi saya di 083842759134.
    Terima kasih

    ReplyDelete