SOP UDANG LOBSTER, PEMBANGKIT STAMINA



Sop lobster kecap, salah satu menu tradisional khas warga pulau Bawean Gresik Jawa Timur, tidak hanya mampu membangkitkan selera, tetapi juga berkhasiat meningkatkan vitalitas kaum pria. Menu tradisional tersebut, telah menjadi hidangan spesial, karena berbahan udang lobster segar yang baru diambil dari laut sehingga banyak disukai para wisatawan.

Udang lobster pulau Bawean, berbeda dengan lobster yang ditemui di kota-kota besar pada umumnya. Pasalnya, warga di pulau yang berjarak sejauh 80 mil dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tersebut, hanya memanfaatkan lobster segar yang baru di tangkap di perairan laut setempat yang di kenal cukup bersih dan jauh dari pencemaran lingkungan.

Menu tradisional warisan nenek moyang ini, tidak hanya menawarkan sensasi kelezatan alami, tetapi juga memiliki beragam khasiat, diantaranya meningkatkan stamina untuk kaum pria.


Prores pembuatan soup lobster pulau Bawean, tidaklah terlalu sulit. Mereka cukup memanfaatkan bumbu di sekitar lingkungan rumahnya, bawang merah, bawang putih, jahe, merica dan garam secukupnya.

Pertama-tama, lobster yang baru ditangkap dibersihkan, dengan air tawar. Sebelum dimasak, terlebih dahulu bagian kaki lobster, dipotong, agar lebih membangkitkan selera para penikmatnya. Agar sensasi kelezatanya makin terasa, para nelayan juga menyediakan kecap ditabur cabe, untuk memanjakan lidah para pecinta kuliner yang menyuka rasa pedas.

Menu tradisional, warisan nenek moyang tersebut, kini menjadi hidangan spesial bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Puteri tersebut, karena sensasi kelezatannya yang membangkitkan selera. “Sop lobster memang tidak di jual bebas, hanya untuk melayani para tamu luar pulau saja, ujar Muhammad Umar, Kepala Desa Pekalongan Kecamatan Tambak, Bawean.

Menurut para penikmatnya, sensasi kelezatan lobster air laut Bawean, makin terasa, karena daging lobster lebih kenyal, segar dan segar. Hal ini sangat berbeda dengan rasa udang lobster yang banyak di sajikan di depot-depot. Pasalnya, udangnya sudah lama di tangkap dari laut.


Bagi pecinta kuliner yang memiliki masalah dengan kolesterol, juga tidak perlu khawatir. Pasalnya, warga juga menyediakan minuman degan, atau kelapa muda, sebagai menuman pencuci mulut, untuk menetralkan kolestrol.

Di samping mampu meningkatkan stamina, lobster adalah makanan pilihan yang sangat baik bagi orang yang ingin menurunkan berat badan karena lobster sangat rendah lemak dan kalori.

Bagi para pecinta kuliner yang pingin merasakan sensasi kelezatanya, cukup menyediakan uang seharga 70 Ribu Rupiah, per kilogram untuk udang lobster mentah. (86)

1 comment:

  1. udang lobternya bikin menggugah selera tuh....lobter tuh mahal...memang bagus kandugan gizi nya...

    ReplyDelete