TELAGA WARNA DANAU EKSOTIK PENUH KEJUTAN



Pegunungan Dieng di Wonosobo Jawa Tengah menyimpan beragam pesona alam. Sebagai sebuah gunung purba, proses vulkanis yang telah berjalan, menghasilkan bentukan alam yang khas. Salah satunya adalah telaga warna yang terletak di ketinggian Dua Ribu Meter dari permukaan laut dan berjarak kurang dari 25 kilometer arah utara kota Wonosobo.

Telaga warna masuk dalam kategori danau vulkanik yang berisi air bercampur belerang. Apabila terkena sinar matahari akan memantulkan sinar warna warni karena kandungan bahan mineralnya terkadang berwarna biru dan kuning ataupun hijau dan kuning keputihan.

Uniknya lagi, warnanya berubah-ubah tergantung cuaca dan jarak pandang. Namun, pantulan warna ini tidak selalu nampak, terutama ketika cuaca redup. Meskipun begitu, pemandangan dan suasana di tempat ini tidak akan pernah Anda temui di tempat lain.

Keanekaragaman hayati di sekeliling danau menambah keindahan obyek wisata yang cukup dikenal hingga ke Mancanegara ini. Hutan tropis di kawasan ini juga penuh warna. Di bagian dalam pepohonan lebih hijau, sementara di tepian danau banyak pepohonan yang batangnya cenderung berwarna kekuningan.

Ada yang karena jenis pohonnya seperti itu. Ada pula yang karena semburan asap belerang membuat pepohonan berwarna kekuningan. Yang pasti, semburat warna tersebut membuat kawasan ini memang penuh pesona.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kehutanan, telah menetapkan kawasan ini sebagai daerah konservasi. Wisatawan yang membawa kamera harus terlebih dulu meminta ijin kepada petugas setempat.

Selain keindahan alamnya, pengelola kawasan wisata juga menambah fasilitas hiburan bagi pengunjung, seperti arena luncur di atas danau. Tali luncur atau flying fox di telaga warna memang punya sensasi yang beda dibanding arena serupa di tempat lain. Disini pengunjung meluncur dari atas pohon, lalu melayang diatas danau vulkanik.

Di samping itu, pengunjung juga bisa trekking lebih ke dalam melewati jalur hutan yang rindang. Hawa dingin khas pegunungan Dieng, membuat trekking yang menempuh rute sekitar 2 Kilometer, tak begitu terasa melelahkan.

0 comments:

Post a Comment