DARMALOKA, OBYEK WISATA KELUARGA YANG SEJUK



Obyek Wisata Darmaloka merupakan salah satu objek wisata yang ada di kabupaten Kuningan, Jawa Barat yang menonjolkan keindahan panorama alam serta jernihnya air telaga. Tak heran jika ibyek wisata ini selalu ramai di kunjungi wisatawan di masa liburan baik liburan sekolah atau libu lebaran. Apalagi, telag yang jernih tersebut di huni ratusan ekor ikan yang di percaya warga sebagai ikan keramat.

Obyek wisata Darmaloka berada di Desa Darma Kecamatan Darma, berjarak ±10 KM ke arah selatan kota Kuningan. Sepintas obyek wisata ini tidak nampak seperti obyek wisata pada umumnya karena berada di sekitar pemukiman penduduk dan belum terkelola dengan baik.

Darmaloka, memiliki beberapa balong kramat. Diantaranya, Balong Ageung, Bangsal, Benunter, Kembang dan sumber air Cibinuang. Flora dan fauna di balong ini juga amat menarik, salah satunya ikan kancra bodas atau yang disebut dengan ikan “dewa”.

Disekeliling balong ditumbuhi beragam pepohonan tropis rindang nan menyejukkan. Di komplek balong keramat ini terdapat makam Syekh Rama Gusti yang konon ditugaskan Wali Songo untuk menyebarkan Islam di daerah itu

Bagi para pengunjung yang datang berserta putra–putrinya disini disediakan tempat bermain bagi anak-anak berupa ayunan. Disamping itu, pengunjung juga bisa memberikan ratusan ikan keramat yang berada di kolam.

Tidak itu saja, segarnya udara di area wisata Darmaloka dan banyaknya pepohonan membuat suasana obyek wisata ini menjadi nyaman, ditambah lagi adanya kolam renang, kian menambah daya tarik tersendiri.

Para pengunung ini datang dari luar kuningan, seperti Cianjur, Bandung, Jakarta dan beberapa kota lainnya di Jawa Barat dengan Biaya masuknya cukup murah, hanya 3 Ribu Rupiah.

Keramian di Darmaloka ini terlihat jika memasuki hari libur seperti hari Minggu maupun libur Nasional. Biasanya jika memamuski libur sekolah, obyek wisata Darmaloka yang masih di kelola oleh pihak desa ini padat pengunjung. Untuk libur lebaran nanti, tak ada salahnya memilih Darmaloka sebagai tujuan wisata keluarga.

0 comments:

Post a Comment