LEBIH NYAMAN DENGAN PAKET LAYANAN DNS DOMAIN SENDIRI



Selama ini, custom domain berita86 menggunakan 2 layanan free dns service dari Dnspark dan Everydns. Pertama, Dnspark menutup layanan free dns-nya, sehingga terpaksa pindah ke Everydns. Terakhir, Everydns juga akan menutup layanan gratisnya dan meminta pelanggan untuk segera migrasi ke DynDns sebelum 31 Agustus 2011 dengan biaya registrasi USD$4.95.

Hmm…hmmm! Namanya saja layanan gratis, pasti ada batas pemakaiannya. Untuk itu, mereka kemudian meminta bayaran untuk memaksimalkan layanannya (katanya begitu-red).

Dari pada pusing di pimpong kesana-sini untuk cari yang gratisan bagi layanan DNS Custom Domain, sebaiknya menggunakan layanan freedns bawaan domain, sehingga lebih aman dan kemungkinan tidak akan di pimpong lagi (sementara begitu-red).

Mengapa dulu menggunakan dns pihak ketiga seperti Dnspark, Everydns, Editdns, GoDaddy dan lain sebagainya? Ya, karena petunjuk tutorialnya, begitu. Sehingga ikut-ikutan aja. Padahal menggunakan layanan dns dari domain bawaan, juga bisa, termasuk men-set untuk untuk custom blog subdomain. Berikut langkah-langkah :


1. Login ke Control panel domain (untuk lebih jelasnya lihat email yang dikirim oleh penyedia domain setelah domain diaktifkan).

2. Tekan masuk ke menu Domains -> List Orders

3. Lalu klik nama domain yang akan di setup, lalu tekan Tab DNS.

4. Tekan tombol Activate DNS, -> Auto-update Nameservers -> ManageDNS

5. Klik menu “CNAME Records“ -> Add Cname Record

6. Pada kotak Host Name, masukkan “www” (tanpa tanda petik)
dan value masukkan “ghs.google.com“(tanpa tanda petik) pada radio button yang bawah.
Pada TTL biarkan saja sesuai nilai defaultnya. lalu klik “Add Record“.

Proses menggunakan layanan free dns dari domain bawaan sudah selesai, dan tunggu aktifasinya dalam waktu beberapa jam atau maksimal 1 x 24 jam.

Untuk menambahkan sub domain. Langkahnya sama dengan langkah di atas, hanya pada kotak isian Hostname, kita masukkan nama subdomain. Misalnya untuk sub domain http://save.berita86.com, kita masukkan “save” saja. Selamat mencoba!!

1 comment:

  1. tfs sob.. nice info..
    dr kmrn ane nyari kbanyakan mnggunakan layanan gratisan, ane lgsg nyoba.. tp gagal terus..
    mudah2an tutorial agan diatas tokcer..
    n mau langsung ane coba.

    salam damai kami sepanjang hari..

    ReplyDelete