LOMBA MUSIK PATROL JUGA DI IKUTI IBU-IBU



Beragam cara dilakukan untuk melestarikan tradisi dan budaya. Menjelang lebaran serta mengisi acara kemerdekaan Pemerintah Daerah menggelar lomba musik patrol. Lomba yang berlangsung di depan Pendopo Lokatantra setempat ini diikuti sebanyak 45 orang. Yang menarik, diantara peserta tersebut Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan yang notabene adalah ibu-ibu ikut berpartisipasi dan rela untuk begadang, selasa (23/8).

Peserta loba kali ini nampaknya cukup antusias karena selain akan memeperebutkan Piala Bupati Lamongan, juga piala Kapolres dan Dandim 0812. Tercatat ada dua peserta dari luar kota Lamongan. Yakni grup Dot Net Percussion dari Kota Surabaya dan Opo Jare dari Plumpung Kabupaten Tuban.

Seperti disebutkan Plt Sekkab Yuhronur Effendi, peserta akan dinilai berdasar kriteria kekompakan tim. Yakni yang meliputi unsur koreografi, lagu yang dinyanyikan dan daya pikat. Juga akan dinilai aspek akselerasi yang meliputi instrumen patrol dan musik pendukung serta penilaian tata busana.

Lomba Patrol dibuka dengan penampilan di atas panggung oleh tim Budoyo Sejati dari Desa Moronyamplung. Selanjutnya semua peserta berkeliling Kota Lamongan sepanjang dua kilometer dengan kendaraan.

“Ini adalah keberhasilan panitia dalam merangakai acara. Namun saya harapa harus bijak membagi waktu agar jangan sampai menjelang shubuh acara baru selesai, ujar Fadeli saat memebri sambutan. Lomba itu sendiri baru dimulai pada pukul 21.30.

Kedepan, dia berharap event serupa agar terus diselenggarakan karena musik patrol sudah melekat dan menjadi bagian dari ibadah puasa warga setiap Ramadhan. “Bahkan tanpa dikomando, setiap waktu sahur tiba tiap-tiap kelompok musik patrol dari RT dan RW turun ke jalan untuk membangunkan warga dilingkungan masing-masing,” tandasnya. Tampak hadir dalam kesempatan itu jajaran muspida, Kepala SKPD dan Camat.

0 comments:

Post a Comment