PINDANG GUNUNG, SOP IKAN RASA ASEM PEDAS



Jangan mengaku penggemar ikan pindang, jika belum merasakan nikmatnya ikan pindang gunung, yang menjadi salah satu ciri khas masakan obyek Wisata Pantai Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat.

Dengan rasa asem dan pedas, ikan laut jenis kakap yang diaduk dengan rempah-rempah tradisional ini, siap memanjakan lidah anda, selain itu anda juga bisa langsung melihat proses pembuatan pindang gunung. Cara membuatnya pun cukup sederhana.

Pertama tama ikan laut jenis seperti ikan kakap, mangmung, kakap merah, tongkol dan carwang yang masih segar dipotong menjadi dua bagian, kemudian baru disiapkan berbagai jenis bumbu nya, yaitu kemiri, cabe, kuning, jahe, terasi dan bawang, baru semua bumbu tersebut ditumbuk hingga halus kemudian baru dimasak, dan ditambahkan sedikit air. Aroma segar pun mulai terasa. Setelah bumbu mulai matang baru potongan ikan kakap dimasuKkan kedalam bumbu tersebut dan diaduk hingga merata.

Hanya dalam waktu kurang dari 10 menit, ikan pindang gunung pun siap disajikan. Jika biasanya pindang selalu disajikan kering, namun pindang gunung ini berbeda yaitu disajikan dengan direndam oleh kuah dengan bumbu ciri khas tersendiri mirip dengan sop. Rasanya pun tidak kalah enak, dengan rasa asem pedas sangat berbeda di banding jenis masakan pindang lainnya.

Jika penasaran, tak ada salahnya anda untuk mencoba sensasi baru menyantap hidangan pindang gunung ini, hanya dengan merogoh kocek 15 Ribu Rupiah, anda sudah bisa menikmati pindang gunung tersebut, yang dapat anda temui di hampir semua depot makan di sepanjang obyek wisata Pantai Pangandaran.

0 comments:

Post a Comment