SAYUR PARE, PAHIT TAPI MENYEHATKAN



Pernah merasakan sayur pare? Ya, rasanya yang pahit menjadi ciri khas sayuran ini. Namun di balik rasanya yang pahit, sayur pare di yakini menghilangkan berbagai penyakit termasuk penyakit liver.

Sayur ini biasa di sajikan di warung-warung makan di kota Bangli, Bali. Warga setempat, sayur pare merupakan salah satu menu yang cukup digemari. Pasalnya, mereka yakin dibalik rasanya yang pahit, sayur pare sangat baik untuk kesehatan. Bahkan pare juga diyakini mampu mencegah penyakit liver, kangker payudara termasuk juga menurunkan kadar gula di tubuh.

Untuk membuat sayur atau sambal pare, terlebih dahulu buah dibelah menjadi beberapa bagian, dan bijinya dibuang. Selanjutnya, kulitnya inilah yang diiris tipis-tipis, untuk mengurangi rasa pahit, sebelum dimasak irisan pare diremes-remes dengan air garam dan direndam sekitar 10 menit.

Sementara bumbunya, berupa irisan bawang merah, bawang putih serta cabe. Langkah selanjutnya, bahan bumbu tadi ditumis dan dicampur dengan irisan pare yang telah dibersihkan. Dalam pembuatan sayur sambal pare, Anda juga bisa menambahkan telor sesuai selera, agar rasanya lebih nikmat. Nah, sayur pare pun siap disantap.

Di samping di olah sebagai sayuran, pare bisa diolah menjadi aneka menu makanan termasuk lawar paya yang aromanya sangat enak yang disukai oleh banyak konsumen.

1 comment:

  1. aku juga suka pare,
    ayo gabung sama penggemar pare lainnya di fan page Pare:
    https://www.facebook.com/AkuSukaPare

    ReplyDelete