SERUNYA NGABUBURIT DENGAN BERSEPEDA DOWNHILL



Guna melupakan lapar dan dahaga selama berpuasa seperti saat ini, sekelompok pecinta lingkungan di Gresik Jawa Timur, menggelar ngabuburit sambil berolah raga sepeda dengan menyusuri perbukitan kapur (07/08/2011.)

Sebanyak 80 orang yang tergabung dalam Komunitas Balung Tuo Gresik, menggelar kegiatan ngabuburit dengan bersepeda menyusuri perbukitan kapur yang berada di Kecamatan Kebomas.

Sepeda downhill, termasuk jenis olahraga cukup mahal, karena sepeda yang dipakai didesain khusus dalam menyusuri perbukitan, dengan harga beli, rata-rata 30 Juta Rupiah, per unit.

Para peserta bukan hanya mampu melewati jalan tanjakan saja, namun, mampu menuruni jalan curam yang seharusnya hanya bisa di lewati pejalan kaki saja. Bahkan, para peserta juga menunjukkan kemampuan tracking yang cukup menantang selama kegiatan ngabuburit ini di gelar.

Kegiatan olahraga bersepeda down hill, atau bersepeda naik- turun bukit ini di gelar secara rutin selama bulan ramadhan, yang di kemas dalam kegiatan ngabuburit, agar bisa melupakan lapar dan dahaga. “Secara rutin, kegaiatan ini biasa di gelar pagi hari. Namun, selama Ramadhan kita gelar sore hari sekalian ngabuburit” ujar Sudono, salah seorang peserta.

Bagi para peserta, bersepeda bukan hanya sarana transportasi alternatif untuk atasi kemacetan di jalan, tetapi juga menjadi gaya hidup, dalam rangka turut mencintai lingkungan.

0 comments:

Post a Comment