BELUT KALIAN ANGCO, MASAKAN CHINA PENJAGA KEBUGARAN


Pernahkah anda menikmati olahan belut yang dimasak dengan perpaduan khas masakan China. Di Banyumas, Jawa Tengah, sebuah Restoran yang menyajikan masakan belut Kalian Angco. Masakan perpaduan belut dengan sayuran dan tape beras ketan merah ini dipercaya sebagai masakan yang bisa menambah kebugaran tubuh.

Di Restoran Kalifa yang berada di pertigaan Pabuaran, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Anda bisa menikmati masakan berupa belut Kalian Angco. Bahan masakan tersebut terdiri dari belut, sayuran serta tape beras ketan merah yang diolah dengan masakan khas negeri China.

Untuk menjaga keasliannya, Angco atau tape beras ketan merah, langsung didatangkan dari negeri China. Masakan belut khas ini dipercaya bisa menjaga dan menambah kebugaran tubuh, karena berbahan rempah-rempah serta tape ketan yang mengandung bakteri asam laktat yang bermanfaat untuk imunitas tubuh, menurunkan kolesterol dan menekan sel-sel kanker.

Cara memasak belut Kalian Angco ini cukup sederhana. Belut mula-mula dibersihkan lalu kemudian direbus. Setelah direbus, belut langsung digoreng. Namun sebelum digoreng, belut diberi bumbu, terigu dan Angco atau tape beras ketan merah. Sementara sayur-sayuran juga direbus dan kemudian digoreng dengan bumbu serta campuran Angco.

Setelah selesai, belut Kalian Angco ini siap dihidangkan. Menurut pelanggan belut Kalian Angco, masakan ini mempunyai rasa yang sangat khas karena bumbunya. Apalagi, rasa Angco atau tape beras ketan merah ini juga ikut mendominasi belut Kalian Angco.

Meski tergolong jenis masakan china, tak semua pelanggannya adalah keturunan Tionghoa. Banyak pula warga pribumi yang menjadi pelanggannya, karena di akui secara jujur, masakan ini sangat cocok dengan lidah Indonsia.

Bagi Anda yang penasaran dengan masakan ini, anda cukup membayar 25 ribu rupiah untuk satu porsinya. Meski lumayan mahal, namun belut Kalian Angco ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, selain rasanya yang lezat.

0 comments:

Post a Comment