BERLIBUR DI TAMAN PENINGGALAN ZAMAN PRA SEJARAH



Jika anda bosan dengan tempat wisata yang hanya menyajikan hiburan semata, tak ada salahnya mencoba berpetualang di obyek wisata Taman Purbakala di Kuningan, Jawa Barat. Selain menawarkan keindahan alam yang masih asri, juga menawarkan berbagai artefak peninggalan zaman batu dan zaman perunggu.

Obyek wisata Taman Purbakala tersebut terdapat di Desa Cipari, Kecamatan Cigugur Kuningan. Setiap sudut area di taman seluas sekitar 700 meter persegi ini menyimpan berbagai peninggalan peralatan sehari-hari dari zaman batu sampai zaman perunggu, sekitar tahun 1.000 s/d 500 sebelum masehi.

Di obyek wisata juga terdapat peti kubur batu diduga digunakan untuk mengubur tokok masyrakat setempat pada zaman pra sejarah. Tidak itu saja, juga terdapat artefak–artefak dua zaman berupa kapak batu, gelang batu, gerabah, dan kapak perunggu. Artefak-artefak ini pun tertata rapi di gedung mesium.

Saat kita berada ditengah-tengah Batu Temu Gelang, sebuah tanah lapang berbentuk lingkaran dikelilingi batu sirap yang menjadi tempat upacara berhubungan dengan arwah nenek moyang, Kita seakan terseret jauh ke jaman ratusan ribu tahun lalu.

Berbagai peninggalan benda purbakala ini pertama kali ditemukan pada tahun 1972 oleh warga setempat, termasuk juga altar batu atau punden berundak, yang berfungsi sebagai tempat upacara pemujaan arwah nenek moyang.

Dengan ada berbagai peninggalan prasejarah ini, tak heran jika pengunjung merasa puas dengan berwisata ke tempat ini dan bahkan mereka mengaku mendapatkan pengetahuan yang lebih lengkap dari pelajaran sejarah di sekolah.

Kendati taman purbakala yang berjarak 4 kilometer dari pusat kota Kuningan, dan 35 kilometer arah selatan kota cirebon ini masih nampak keasriannya dan ke sederhanaan fasilitasnya, namun pengunjungnya banyak dari luar kuningan, bahkan dari mancanegara sekali pun.

Meskipun benda purbakala yang terdapat di musium taman Purbakala Cipari merupakan salah satu aset kekayaan bangsa, namun belum terlihat ada peremajaan fasilitas di obyek wisata ini.

0 comments:

Post a Comment