MENENGOK BALAI PERADILAN WISATA KERTAGOSA



Di tengah carut marutnya hukum peradilan di Indonesia, alangkah baiknya jika sejenak kita menengok balai peradilan penguasa Bali di Klungkung. Ditempat yang dinamakan Kerta gosa itulah segala bentuk permasalahan hukum mampu terselesaikan dengan bijaksana.

Obyek wisata Kerta gosa terletak di tengah kota Kabupaten Klungkung, kira- kira 40 KM ke arah timur kota Denpasar. Seni arsitektur khas Bali tertuang dalam setiap sudut bangunan. Di langit-langit bangunan terdapat lukisan wayang yang memiliki cerita tentang kehidupan sehari-hari, karma phala, ramalan gempa dan filsafat hidup.

Kertagosa diperkirakan dibuat pada tahun 1662 caka atau 1700 Masehi ketika raja I Dewa Agung Jambe ketika itu memerintah Klungkung. Kerta gosa diartikan sebagai tempat pembahasan segala sesuatu yang bertalian dengan situasi keamanan, kemakmuran serta keadilan wilayah kerajaan Bali.

semasa kerajaan dulu, balai yang dikelilingi oleh kolam yang disebut taman gili ini setiap tahunnya, pada hari purnama kapat merupakan tempat sidang raja bawahan di seluruh Bali. Dari tempat inilah raja tertinggi memberikan pengarahan serta keputusan-keputusan politiknya.

Disamping itu, balai ini juga dijadikan sebagai tempat menyambut tamu serta bersantap bagi para pendeta istana dan jamuan terhadap para bangsawan dari luar Bali yang sedang berkunjung ke Klungkung.

setelah kerajaan Klungkung jatuh akibat perang Puputan melawan Belanda pada tanggal 28 April 1908 Kertagosa juga di fungsikan sebagai balai pengadilan adat.

pada balai ini terdapat sebuah meja ukir keemasan dan enam buah kursi sebagai tempat pengadilan digelar. Disana duduk raja yang bertindak sebagai hakim ketua, para pendeta yang bertugas sebagai ahli hukum serta penasehat raja,serta para kanca yang bertindak sebagai panitera.

Keindahan balai Kerta gosa memang telah terkenal seantero dunia. Banyak wisatawan asing yang berkunjung ke tempat wisata ini. Tidak hanya itu, tempat ini juga kerap dijadikan tempat pengambilan foto freweding bagi calon penganten baru yang hendak mengabadikan gambar di tempat ini.

0 comments:

Post a Comment