BIOGAS KOTORAN MANUSIA PENGGANTI LPG



Kotoran manusia atau tinja, ternyata bisa menghasilkan energi gas, yang aman dari resiko ledakan, seperti ledakan gas LPG ukuran 3 kg yang saat marak terjadi. Selain menghemat pengeluaran, api yang dihasilkan juga tidak kalah dengan gas LPG.

Hanya dengan memanfaatkan kotoran manusia, warga Cokrodiningratan, Jetis Pasiraman, Yogyakarta, dapat menbuat biogas, sebagai pengganti gas LPG yang aman dari resiko ledakan.

Untuk menghasilkan biogas tersebut, warga membuat saluran pembuangan dari masing-masing MCK rumah mereka, yang disalurkan dalam sebuah sumur penampungan tinja atau digester dengan menggunakan pipa paralon.

Sebelum masuk ke sumur pembuangan, saluran pembuangan dari rumah warga, terlebih dahulu melewati sejumlah bak kontrol yang digunakan untuk membersihkan dan memisahkan kotoran lain selain tinja. Hanya dengan di diamkan selama 2 hari atau 2 kali 24 jam, digester tersebut sudah menghasilkan biogas yang siap disalurkan ke rumah warga, untuk digunakan sebagai pengganti gas LPG.

Biogas yang dibuat warga, merupakan biogas dari saluran pembuangan 33 rumah warga, yang ada di wilayah tersebut. Warga juga hanya membayar 5 Ribu Rupiah setiap bulannya, sebagai biaya perawatan pipa paralon maupun biaya pemeliharaan dari sumur dan saluran pembungan yang ada.

0 comments:

Post a Comment