GEDUNG PELATIHAN TIK GRATIS PERTAMA DI JATIM



Gedung Pusat Komunitas Kreatif (PKK), Rabu (26/10) diresmikan Direktur E Business Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Azhar Hasyim. Dalam kesempatan itu, Kementerian Kominfo disebutkan juga memberikan bantuan empat unit kendaraan internet keliling untuk wilayah Lamongan yang belum terjangkau internet.

Hadir pula dalam peresmian gedung yang berlokasi di Jalan Basuki Rahmat Nomor 51 tersebut Direktur Telekomunikasi Khusus, Penyiaran Publik dan Kewajiban Universal Kominfo Woro Indah dan Asisten Deputi Gender dalam IPTEK, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Heru P Kasidi. Kemudian dari Kementerian Koperasi dan UKM diwakilai Koesmarihati. Sementara Bupati Lamongan Fadeli hadir bersama Kepala Kantor Pengolahan Data Elektronik (KPDE) Hurip Tjahyono dan sejumlah pejabat setempat.

Azhar Hasyim dalam sambutannya menyebutkan pertumbuhan komunikasi telah berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi hingga 3 persen. Karena itulah, lanjut dia, Kementerian Kominfo mencanangkan rencana aksi sehingga akan ada lebih banyak penduduk Indonesia yang bisa mengakses internet. Terlebih Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) belum secara maksimal diaplikasikan untuk membantu bisnis.

Dia menyebut pembangunan gedung PKK tersebut adalah bagian dari pencapaian tujuan tersebut. Dalam bangunan yang didalamnya diberi sejumlah fasilitas media berbasis TIK tersebut, akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan, kreatifitas dan kemampuan masyarakat, khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sedangkan Fadeli berharap PKK benar-benar bisa bermanfaat bagi pelaku UMKM di Lamongan untuk meningkatkan akses bisnis mereka. “Bangunan ini adalah yang pertama di Jawa Timur dan yang kedua di Indonesia setelah yang ada di Lombok, NTB. Mudah-mudahan yang di Lamongan ini menjadi yang terbaik dan bermanfaat bagi pelaku UMKM, “ ujarnya.

Dalam bangunan PKK itu sendiri tiga ruangan yang bisa dimanfaatkan UMKM. Yakni ruang pamer yang akan diberi fasilitas TV plasma dan satu set komputer untuk menampilkan karya UMKM. Kemudian juga ada ruang pendidikan yang juga dilengkapi perangkat TI lengkap termasuk fasiltas koneksi internet untuk memberi pelatihan UMKM. Terakhir adalah ruang kreatifitas.

Gedung PKK ini dibuka setiap hari kerja. Pelaku UMKM maupun dari Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) maupun pelajar yang ingin menggunakan fasilitasnya tinggal mengisi form pendaftaran.

0 comments:

Post a Comment