GELAS PINTAR KHUSUS ORANG BUTA KARYA SISWA SD



Meski masih usia belia, banyak di antara siswa sekolah dasar mampu menciptakan berbagai kreatifitas yang bisa dibanggakan. Salah satunya adalah gelas khusus penderita tunanetra karya Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Di Gresik Jawa Timur (25/10/2011.)

Namanya gelas braille. Ya, gelas pintar karya Muhammad Ghulam Farras Dan Nadya Almas, Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Gresik Kota Baru Kecamatan Manyar, menjadi finalis pada National Young Inovator Award ke-4 yang diadakan LIPI tahun ini. Gelas braille sengaja di ciptakan khusus membantu penderita tunanetra saat menuangkan air ke dalam gelas agar tidak tumpah. Jika air hampir penuh, maka gelas akan berbunyi.

Uniknya, gelas braille dibuat dengan komponen sangat sederhana, yakni speaker boneka yang dibuka tutupnya, kemudian kutub positif dan negatifnya diidentifikasi dan disambungkan dengan kawat besi menggunakan kabel. Kawat besi punya lengkungan sehingga bisa disematkan di bibir gelas. Bagian bawah gelas disambungkan dengan bahan plastik sebagai tempat speaker boneka.

Dengan rangkaian sederhana ini, gelas akan berbunyi saat air menyentuh kabel yang telah di sematkan di bibir gelas.

Menurut Nadia, ide membuat gelas pintar ini berawal saat Nadia tergugah oleh sebuah buku tentang nasib orang buta yang sulit menuangkan air ke dalam gelas. Saat itu, muncul ide kreatifnya untuk memanfaatkan speaker boneka sebagai alat bantu. “Inspirasinya berawal dari baca buku tentang nasib orang buta yang kesulitan menuangkan air ke dalam gelas”, ujar Nadia Almas.

Dalam inovasinya, Nadia mendesain agar speaker dan kawat bisa dilepas secara praktis, sehingga penderita tunanetra tak perlu membawa gelas ke mana-mana, cukup membawa komponen speaker dan kawat pengaitnya saja. Bahkan lebih dari itu, Nadia juga berencana mendesain suara gelas dengan suara manusia termasuk menambahkan efek getar pada saat berbunyi.

Saat ini, inovasinya dalam tahap membuat gelas cantik dengan hiasan lucu sesuai karakter anak-anak. Tujuannya jelas, untuk mempermudah penderita tunanetra dalam beraktifitas.

0 comments:

Post a Comment