LALAPAN BEBEK SANGAN SAMBAL BAKAR



Bebek goreng atau pun bebek bakar sudah biasa. Sebuah warung di kawasan Jalan Perwakilan kota Yogyakarta milik Wahyu Nugroho, menyediakan menu unik dan menarik, yakni bebek sangan sambal bakar. Dinamakan bebek sangan, karena daging bebek digoreng dengan cobek tanah liat dan tanpa minyak atau dalam istilah Jawa goreng sangan.

Cara membuatnya cukup mudah. Daging bebek yang sudah dipotong-potong, digoreng setengah matang, dan ditiriskan. Daging bebek setengah matang tersebut kemudian digoreng sangan dengan menggunakan cobek besar dari tanah liat. Yakni cobek besar diletakkan di atas tungku dengan api yang cukup besar. Daging bebek setengah matang digoreng sangan hingga matang atau hingga minyak goreng yang menempel pada daging bebek tersebut hilang dan dagingnya empuk.

Sementara itu, sambal bakar dibuat dengan cara cabe merah dibakar atau digoreng sangan tanpa minyak goreng, seperti ini. Cabe merah yang sudah dipanaskan kemudian dihaluskan. Cabe merah yang sudah dihaluskan dicampur dengan irisan daun bawang merah dan bawang merah serta diaduk.

Daging bebek sangan yang sudah masak diolesi dengan sambal bakar sampai rata. Kemudian ditambah dengan bermacam-macam lalapan. Bebek sangan sambal bakar telah siap disajikan. Daging bebek sangan sambal bakar, sangat empuk dan rasanya asin serta pedas.

Menu bebek sangan sambal bakar, awalnya hanya coba-coba untuk variasi agar pembeli tidak bosan karena hanya disuguhi bebek goreng. Ternyata konsumen suka. “Di luar dugaan, ternyata menu tradisional masih banyak yang suka”, ujar Wahyu Nugroho, pemilik warung.

Harga menu bebek sangan sambal bakar sangat terjangkau, yakni hanya 14 Ribu Rupiah per porsinya.

0 comments:

Post a Comment