SELERA BARU SAJIAN TENGKLENG TAHU-TEMPE



Tengkleng adalah masakan yang diolah dari tulang belulang dan tengkorak kambing yang tak dapat dimasak menjadi sate atau gulai. Biasanya berisi berbagai bagian tulang, mulai dari iga, kaki, kepala, tulang punggung dan bagian-bagian kambing lainnya.

Di Bali, terdapat tengkleng khusus yang menggunakan bahan tahu-tempe. Selain rasanya nikmat seperti halnya kuah tengkleng, menu ini cocok untuk mereka yang berusaha mengurangi kadar kolesterol dalam tubuhnya.

Di sebuah rumah makan di Bilangan Renon, Denpasar - Bali, tengkleng yang satu ini khusus menggunakan tahu dan tempe. Rasanya pun nyaris sama, hanya bedanya tengkleng tahu dan tempe ini baik untuk kesehatan karena kadar kolesterolnya rendah.

Menurut pengelola rumah makan, menu ini memang sengaja dipilih untuk memberikan nuansa beda saja. Selain itu, banyak warga yang sebetulnya ingin menikmati makanan rendah kolesterol sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk membuat tengkleng tahu dan tempe, sebelumnya dua jenis bahan itu di iris dan dipotong sesuai ukuran. Selanjutnya direbus dengan air berisi rempah-rempah
selama lima menit. Setelah itu, tempe dan tahu siap disajikan, setelah dilengkapi dengan sayuran. Puncaknya adalah dengan menaburi tempe dan tahu dengan kuah tengkleng yang diracik dengan bumbu lengkap.

Meski rasanya nikmat, harganya sangat murah, karena cukup dengan kocek 5.000 Rupiah saja. Untuk menambah selera makan apabila anda mengajak sejumlah teman, bisa juga dengan menambah ikan gurami goreng sambel geledek.

0 comments:

Post a Comment