7 HAL YANG PERLU DI KETAHUI TENTANG PASSWORD ONLINE



Perkembangan teknologi online yang canggih, memungkinkan hacker untuk masuk ke sebuah account dan mencuri informasi pribadi. Hacker masuk ke komputer 2.244 kali setiap hari dengan cara mencari tahu username atau password lemah. Jika Anda masih menggunakan password yang Anda buat ketika Anda membuka akun email pertama kali, berarti Anda telah memasang badan untuk menjadi korban hacking. Tapi jangan khawatir, ada beberapa trik mengatasi persoalan ini, antara lain :

1. Perlu password berbeda untuk setiap situs
Banyak orang memiliki satu password yang di gunakan untuk semua akun. Ini adalah cara mudah bagi hacker untuk mendapatkan akses ke account tersebut. Hacker akan menyusup ke situs yang lemah sistem keamanannya dan mengungkap password yang digunakan di sana. Jika Anda menggunakan password yang sama di seluruh situs, maka mereka dapat dengan mudah mengakses beberapa account Anda. Dengan menggunakan password berbeda untuk setiap situs, Anda berarti sedikit lebih maju untuk urusan keamanan.

2. Gunakan Manajer password untuk membantu melindungi privacy

Jika Anda memiliki banyak password dan khawatir lupa dengan salah satunya, gunakan program password manager terpercaya yang memiliki basis teknologi canggih. Manajer password bisa melacak berbagai password dan mampu melindunginya dari serangan hacker.

3. Password yang panjang lebih sulit di hack
Setiap huruf, angka atau simbol yang Anda tambahkan ke password, akan memperlambat waktu yang dibutuhkan untuk mencari tahu, sehingga membuat para hacker menjadi frustasi.

4. Jangan menggunakan kata umum
Hacker terkadang menggunakan sandi-guessers (software penebak password) otomatis / brute force melalui pemilihan kata-kata dalam kamus umum untuk mencoba untuk memecahkan password. Jika Anda menggunakan kata-kata umum, ada kesempatan baik bagi orang yang memiliki kamus kata lengkap akan dapat masuk ke account Anda dengan sangat cepat.

5. Orang cenderung memilih password dengan makna pribadi
Insting pertama kita ketika memilih password adalah sesuatu yang ada kaitannya secara pribadi dengan kita. Hal ini membuat pilihan kita sangat dapat diprediksi oleh hacker. Nama, tim olahraga favorit, ulang tahun dan beberapa informasi pribadi lainnya adalah password yang paling umum digunakan. Jadi jika ada yang tahu sedikit saja tentang Anda (atau dapat menemukannya di Facebook), Anda bisa berada dalam kesulitan. Jadi, berhati-hatilah!!

6. Password diubah secara teratur

Anda perlu mengubah sandi setiap 90 atau 180 hari. Memang sedikit rumit, namun itu sebenarnya cara cerdas untuk mengamankan account Anda. Hal ini akan lebih penting untuk dilakukan pada situs perbankan online atau situs belanja online di mana informasi kartu kredit Anda mungkin disimpan. Ini diperlukan jika Anda mengakses setiap account pada komputer publik karena password Anda dapat disimpan tanpa Anda sadari.

7. Perhatikan pedoman menciptakan password yang kuat
Bagaimana pilihan password yang aman?. Para ahli keamanan Internet merekomendasikan memiliki password minimal 8 karakter dengan campuran huruf dikapitalisasi angka dan simbol. Sebuah teknik umum untuk menghindari kata-kata yang mudah ditebak adalah dengan menempatkan tiga kata yang tidak terkait bersama-sama dan membuat sebuah cerita pendek yang melibatkan ketiganya, sehingga Anda dapat mengingatnya. Anda juga dapat menggunakan huruf pertama dari setiap kata dari sebuah lagu atau film favorit Anda dengan.mengganti beberapa huruf untuk angka atau karakter khusus.

0 comments:

Post a Comment