"KERIPIK JAMUR" OLEH-OLEH KHAS KAWASAN DIENG



Jamur bisa diolah menjadi berbagai menu makanan alternative seperti pepes jamur, sate jamur, hingga tongseng jamur. Nah! di kota-kota berhawa dingin seperti Temanggung atau Wonosobo Jawa Tengah, jamur diolah menjadi keripik yang renyah dan gurih di lidah.

Ada bermacam jamur konsumsi yang selama ini kita kenal, seperti jamur merang, jamur kancing atau jamur tiram. Di Wonosobo, jamur-jamur tersebut diolah menjadi berbagai jenis makanan. Salah satunya keripik jamur. Dulu, masyarakat Wonosobo hanya mengolah jamur menjadi makanan basah saja, namun seiring perkembangan dunia kuliner, warga pun berinovasi dengan membuat kripik jamur. Hasilnya pun lebih menguntungkan.

Para perajin keripik memilih tiga jenis jamur, yaitu merang, kancing dan tiram untuk dijadikan keripik. Sebab, tiga jenis jamur ini punya tekstur dan ukuran yang pas.

Untuk membuatnya, jamur lebih dulu dicuci bersih dan diaduk-aduk supaya lemas. Lalu disiapkan tepung yang telah diberi bumbu-bumbu, seperti bawang dan rempah-rempah. Jamur kemudian dicampur dengan tepung hingga seluruh jamur tertutup tepung. Sebelum digoreng, adonan tepung dan jamur, disaring sehingga tepung-tepung yang tak terpakai tak ikut tercampur.

Kemudian adonan jamur ini digoreng. Untuk mendapatkan keripik yang kering, dibutuhkan dua kali proses penggorengan. Yang pertama dengan minyak yang tak begitu panas, baru kemudian dipindahkan ke minyak yang lebih panas.

Keripik-keripik yang sudah jadi, lalu dikemas dalam plastik. Untuk ukuran plastik besar, adalah keripik jamur yang dijual kepada para pedagang yang membeli secara kiloan. Sementara untuk plastik kecil dijual untuk oleh-oleh di toko dan konter-konter makanan.

Harga per kilo bervariasi, antara 40 hingga 60 Ribu Rupiah, tergantung dari jenis jamur yang dibuat keripik. Keripik jamur Dieng memiliki rasa asin gurih dan berwarna coklat kehitaman dengan flavor paru. Keripik ini selalu menjadi primadona bagi wisatawan sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Jika Anda ingin menyantap keripik khas Dieng tersebut, gampang kok. Anda bisa membelinya di toko makanan atau oleh-oleh, karena para perajin kripik jamur telah mengirim keripik renyah ini ke berbagai kota seperti Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Surabaya serta kota-kota lain di Indonesia.

1 comment: