KUE TELA CAKE DARI TEPUNG SINGKONG KAYA GIZI



Ketela pohon atau singkong yang harganya sangat murah, tak selamanya menjadi makanan masyarakat kelas bawah. Tepung singkong, ternyata dapat diolah berbagai macam kue atau tela cake dengan kandungan gizi yang tinggi yang tak kalah dengan kue dari tepung gandum. Di tangan Firmansyah Budi, warga Depok Sleman Yogyakarta, tela cake atau kue dari tepung singkong dengan berbagai rasa seperti coklat, vanila, mocca, keju maupun rasa bluberry, saat ini sedang trend dan banyak digemari masyarakat berbagai kalangan.

Proses awal pembuatan kue ini, sebenarnya tidak terlalu sulit. Tepung ketela atau singkong dan coklat bubuk di jadikan satu kemudian di campur dengan telor yang sudah di taruh dalam mangkok besar. Proses selanjutnya, adonan di aduk menggunakan mesin atau mikser, hingga benar-benar mengembang. Gula pasir dimasukkan dalam adonan dan diaduk lagi. Selanjutnya adoanan dimasukkan dalam loyang atau cetakan persegi panjang dan siap di oven.

Proses peng-ovenan, dilakukan selama kurang lebih setengan jam dan roti di keluarkan untuk di belah menjadi dua bagian dan tengahnya di olesi dengan selai berbagai rasa, sesuai keinginan. Setelah itu, di atas kue atau cake di oles krem dan terakhir roti pun di hias dengan menggunakan blueberry, keju maupun coklat. Tela cake pun siap dikemas atau pun dinikmati.

Semula pembuatan tela cake ini berawal dari coba-coba serta guyonan bersama dengan temannya. Mahasiswa lulusan ugm jurusan hukum ini, kemudian mencoba ketela pohon di jadikan tepung dan dibuat berbagai roti atau cake. Dipilih singkong atau ketela, karena, mengandung karbohidrat yang baik untuk pencernakan juga baik untuk penyakit diabetes. Apalagi, tela cake yang terbuat dari singkong ini, juga mengandung protein dan karbohidrat.

Di bantu sejumlah orang karyawannya, Firman dapat membuat 200 hingga 400 buah tela cake perhari, dengan beraneka ragam rasa, seperti rasa strawberry, blueberry, coklat, keju, mocca, kacang dan vanila.

0 comments:

Post a Comment