MENDULANG DOLLAR DARI KERAJINAN AIR MANCUR HIAS



Keindahan air mancur biasanya hanya dapat kita nikmati di pegunungan atau area taman. Namun, anda tak perlu khawatir karena seorang pengrajin di Magelang Jawa Tengah berhasil membuat miniatur air sehingga gemercik airnya bisa anda nikmati sebagai penghias taman. Miniatur air mancur tersebut, bahkan terbuat dari batu alam, sehingga kesan alaminya masih terasa kental.

Adalah Hartono(35th), warga desa Kadirojo, Muntilan, Magelang yang sukses dengan kerajinan berbagai model minatur air mancur. Mulai bentuk air mancur bambu, gentong hingga kendi. Hartono telah menggeluti usahanya ini sudah sejak 1998 dengan usaha awal hanya sekedar coba-coba secara otodidak.

Proses pembuatan miniatur air mancur ini pun sanggatlah sederhana namun memerlukan ketrapilan yang cukup. Pertama batu gunung dipotong dengan bentuk kotak persegi panjang Menggunakan alat pemotong batu. Selanjutnya potongan batu dibentuk sesuai pola yang dikehendaki mengunakan alat khusus. Nah! Proses ini adalah yang paling sulit karena di butuhkan jiwa seni yang kuat. Karena jika tidak, maka pola yang terbentuk tidak akan terlihat bagus.

Setelah terbentuk pola, kemudian batu dilubangi mengunakan mesin bubut untuk membuat saluran air. Tentu, saluran air menyesuaikan dengan pola hias yang terbentuk tadi. Untuk mengerakkan air diberi tambahan mesin pompa air dan kerajinan miniatur air mancur pun tercipta.

Untuk satu kerajinan ini Hartono menjual berkisar 200 Ribu hingga 2 Juta Rupiah tergantung model dan tingkat kesulitan. Untuk pasar penjualan ke luar negeri meliputi Perancis, Jepang, Belanda, sedangkan untuk dalam negeri meliputi Jakarta, Semarang, Bandung, Surabaya dan
Bali.

Nah! anda mungkin sedang melintas di Magelang tak ada salahnya untuk membeli minatur air mancur sebagai oleh –oleh untuk kerabat atupun teman.

0 comments:

Post a Comment