PEMANDANGAN PANTAI KRAKAL YANG MASIH PERAWAN



Sebagai daerah yang bersinggungan langsung dengan Laut Selatan, Jogjakarta memiliki banyak pantai wisata yang masih perawan. Pantai tersebut umumnya terletak di daerah Gunung Kidul, Wonosari. Pemandangan pantai di daerah ini tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali, pasirnya cukup putih dan airnya biru bersih dengan ombak yang begitu mempesona.

Pantai Krakal, Sundak dan Drini adalah daerah wisata pantai yang cukup terkenal di Wonosari yang letaknya hampir berdekatan dengan jarak sekitar 70 kilometer di Tenggara Kota Yogyakarta. Suasana jalan menuju lokasi wisata pantai tersebut juga masih relatif sepi. Sepanjang perjalanan menuju pantai terdapat pemandangan alam pegunungan yang indah, ditambah dengan suasana udara yang segar menyehatkan.

Konon, daerah Krakal awalnya merupakan dasar lautan yang terangkat ke permukaan oleh proses alam. Dasar laut ini semakin lama semakin meninggi dan akhirnya muncul sebagai dataran tinggi. Batu-batuan karang yang nampak pada waktu itu, merupakan bekas rumah binatang karang yang hidup di lautan saat itu.

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke 3 pantai tersebut belum begitu banyak. Suasana pantai pun masih relatif bersih. Karena itu, tempat tersebut sangat cocok untuk mencari suasana pantai dengan udara bersih dan segar, serta ditambah dengan pemandangan alam pegunungan yang indah.

Di kawasan pantai selatan Gunung Kidul tersebut, belum ada hotel berbintang, yang ada hanyalah penginapan yang dikelola penduduk setempat.

Khusus di pantai Drini, wisatawan bisa berenang agak ke tengah laut karena airnya yang dangkal dan ombaknya tidak begitu besar. Pantainya di kelilingi batu karang besar yang menyerupai cekungan, sehingga menambah saya tarik tersendiri bagi mereka yang merindukan suasana pantai yang alami.

0 comments:

Post a Comment