SI LEGIT MANIS GETUK MAGELANG



Siapa bilang singkong makanan kelas dua? Jangan salah! Singkong atau ubi kayu bisa diolah menjadi aneka makanan yang enak. Selain itu, juga bisa menjadi usaha yang menguntungkan. Salah satunya getuk khas Magelang yang rasanya legit dan manis sehingga sangat pas di lidah.

Untuk membuat getuk Magelang yang benar-benar legit, ternyata butuh singkong khusus. Yaitu singkong yang berasal dari daerah lereng pegunungan seperti gunung Merapi. Setelah singkong dikupas, lalu direbus hingga lunak. Sebelum digiling, singkong rebus lebih dulu dibuang sumbunya dan dibersihkan bagian luarnya.

Singkong rebus lalu digiling hingga halus. Sembari digiling, singkong diberi campuran gula pasir dan mentega. Untuk variasi rasa, bisa ditambah coklat dan vanila. Usai digiling, lalu tiga rasa tadi disatukan menjadi getuk yang panjang. Adonan jadi ini lalu di iris menjadi kotak-kotak. Hasil irisan dibungkus dan jadilah getuk yang sering kita beli di toko oleh-oleh.

Setiap musim liburan, para pembuat getuk di Magelang kebanjiran order. Pesanan berdatangan dari toko oleh-oleh di Magelang, Yogyakarta, Semarang maupun Solo.
Harganya pun sangat terjangkau. Satu dus berisi 12 bungkus antara delapan hingga sepuluh ribu rupiah. Dan yang pasti legit dan manisnya sangat cocok sebagai buah tangan bagi sanak saudara.

Nah! Bagi anda yang berlibur ke Cabdi Borobudur atau tempat wisata lainnya di Magelang jawa tengah, oleh-oleh yang pas tentu saja, getuk Magelang. Buah tangan ini, bias di beli di outlet-outlet penjual oleh-oleh di Magelang khususnya.

0 comments:

Post a Comment