SOTO ANGSA RASA GURIH DAN LEZAT



Jika anda selama ini mengenal menu soto daging ayam atau sapi, maka soto yang hanya ada di karanganyar, jawa tengah ini berbeda, karena menggunakan bahan daging angsa. Daging angsa di kenal memiliki tekstur yang khas dengan rasa yang gurih dan lezat pula. Uniknya lagi untuk menikmatinya, tidak menggunakan nasi melainkan ketupat. Berikut liputannya.

Menu soto angsa tersebut, dapat anda temukan di Restoran Sasono Bujono Hotel Lor In, Karanganyar, Jawa Tengah. Sepintas menu ini tak jauh berbeda, dengan masakan soto yang biasa kita temui. Namun dengan menggunakan daging angsa sebagai bahan utama, jauh berbeda dan dijamin lebih gurih. Hal ini dikarenakan tekstur khas daging angsa, berbeda dengan daging unggas kebanyakan.

Cara memasaknya pun berbeda, dibandingkan soto ayam atau soto daging sapi. Daging angsa memiliki kekenyalan yang lebih ulet, sehingga untuk mengolahnya pun memerlukan waktu. Sebelum diracik menjadi soto, daging angsa direbus terlebih dahulu selama lima jam. Sementara air kaldu hasil rebusan daging, nantinya digunakan sebagai kuah soto. Setelah direbus, daging angsa kemudian dimasak bersama bumbu soto, yang ditambah daun bawang, tomat dan daun seledri.

Sedangkan untuk mekanan pendamping, tidak memakai nasi putih melainkan ketupat. Ketupat digunakan, untuk menghilangkan rasa eneg saat dimakan. Selain itu masih ditambah telur bebek rebus, kerupuk, serta perkedel, untuk menambah variasi lauk. Kemudian untuk memunculkan rasa gurih, ditambahkan sedikit bubuk koya diatas soto. Rasa lezat dari soto angsa ini, diakui mereka yang telah mencicipinya.

Menurut pihak restoran, ide awal pembuatan menu ini adalah kebosanan, terhadap masakan soto yang dijual selama ini. Menurut nugroho, daging ayam maupun sapi, sudah terlalu sering dimasak, dan rasanya juga tak pernah berkembang. Sedangkan daging angsa, walau teksturnya khas dan kenyal, namun memiliki cita rasa yang tak kalah lezat. Walaupun rasa kaldunya cenderung pekat, dijamin soto angsa ini tidak akan menimbulkan rasa eneg.

Satu porsi soto angsa, bisa dinikmati oleh dua orang. Anda hanya harus membayar sebesar enam puluh ribu rupiah per porsinya, untuk dapat menikmati lezatnya soto unik ini. Tentunya harga yang pantas, bagi sebuah sajian khas yang belum tentu didapat di daerah lain.

0 comments:

Post a Comment