RESEP MENU TOM YAM GURAMI DAN GURAMI GORENG BUMBU BALI


Cara membuat Tom Yam Gurami sangat mudah. Ikan Gurami yang sudah di cuci bersih, dipotong-potong kecil kemudian digoreng hingga masak. Selanjutnya membuat kuah Tom Yam, dengan beraneka macam bumbu, seperti, cabe merah, bawang merah, daun kemangi, jeruk nipis dan rempah-rempah.

Satu persatu bumbu tersebut dimasukkan ke dalam air yang direbus, kemudian ditambah bumbu penyedap dan saus tomat. Masak hingga mendidih dan diberi perasan juruk nipis. Setelah mendidih, potongan ikan Gurami yang sudah digoreng dimasukkan hingga bumbunya meresap, selanjutnya dituangkan ke dalam mangkuk. Tom Yam Gurami pun siap di sajikan dengan warnanya yang merah menggoda.

Sementara itu, proses pembuatan Gurami goreng bumbu Bali lebih sederhana lagi. Ikan Gurami yang masih segar, dibersihkan dan digoreng hingga masak. Kemudian beberapa bumbu, seperti cabe merah, bawang merah, bawang putih, daun jeruk nipis, sereh dan rempah-rempah, di tumbuk halus hingga menyerupai sambal.
Bumbu yang sudah dihaluskan ini digoreng dan ditambahkan air sedikit, dan dimasak hingga mendidih. Setelah mendidih ditaburkan di atas Gurami goreng, sehingga seluruh Gurami goreng telah tertutup bumbu Bali seperti ini. Gurami goreng bumbu Bali siap disajikan.

Warna Tom Yam Gurami dan Gurami goreng bumbu Bali yang berwarna merah, menggoda selera. Apalagi bagi penggemar makanan pedas. Menu ini sangat pas.

0 comments:

Post a Comment