SOP MUJAHER YANG SEGAR DAN NIKMAT



Ikan mujahir cukup dikenal di masyarakat karena mudah dibudidaya serta sering berkembang biak meski tanpa di pelihara secara serius sekalipun. Karena itu, ikan mujaher sering dipandang sebagai ikan tak berkelas dibanding ikan Gurami dan Patin. Tapi jangan salah, ikan mujaher memiliki kandungan protein cukup tinggi dan rasanya pun tak kalah di banding dengan ikan-ikan lainnya.

Di warung Simbah Jalan Pahlawan Tanjung Purwokerto Jawa Tengah, ikan mujaher di masak menyerupai sop hingga terasa lebih segar. bumbu dan cara pengolahannya sedikit berbeda dengan ikan lainnya. Namun, dari tampilan dan rasanya, luar biasa, ada rasa gurih khas daging ikan dan tentu saja bumbu rempahnya lebih terasa semakin gurih pula.

Sesuai dengan namanya digodog atau direbus, ikan ini dimasak dengan cara digodog dalam air mendidih yang sudah diberi bumbu seperti jahe, sereh, bawang dan daun salam serta sedikit garam. Ini hanya untuk menghilangkan bau dan aroma amis ikan serta membuat daging menjadi empuk.

Bumbu masaknya lebih lengkap yakni tomat, cabai, bawang merah dan putih sereh dan daun salam. Setelah bumbu disangrai, lalu ditambahkan air sampai mendidih, jaer kembali digodog atau direbus dalam kuah berbumbu tersebut. Setelah masak, jaer dihidangkan dengan taburan daun bawang yang di iris.

Selain itu, Jaer godog juga dihidangkan dengan lauk lain yakni semur jengkol dan sayur pepaya muda. Jadi bernostalgia dengan masakan ala pedesaan yang serba alami. Soal rasa, tak kalah dengan ikan berkelas seperti gurami, ikan mas atau ikan patin sekalipun. Karena tekstur daging ikan jaer memang lebih gurih.

Soal harga, tentu tak semahal menu ikan berkelas, hanya Sembilan Ribu Rupiah untuk satu porsinya. Mantap kan?

0 comments:

Post a Comment