CITARASA TAHU TEK LAMONGAN YANG SULIT DILUPAKAN



Di samping terkenal dengan menu Tahu Campur, kota Lamongan Jawa Timur juga di kenal dengan masakan khasnya bernama Tahu Tek. Di Lamongan sendiri, terdapat ratusan pedagang Tahu Tek yang rata-rata menjajakan dagangannya dengan menggunakan rombong mirip rombong penjual bakso yang bisa di temui di sudut-sudut kota Lamongan.

Nama Tahu Tek sendiri di ambil dari bunyi gunting saat memotong tahu, telur goreng dan kentang yang berbunyi TEK. Pemotongan bahan-bahan dengan gunting, adalah salah satu ciri khas masakan Tahu Tek ini. Keunikan lain, Tahu Tek di sajikan dengan sejumlah bahan yang masih mentah, seperti lombok dan bawang putih.

Menurut para pelanggan, Tahu Tek paling enak di konsumsi di siang hari, terutama saat jam-jam istirahat dari kerja. Apalagi, harga Tahu Tek hanya 3 Ribu Rupiah, untuk 1 porsi, harga yang terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.

Sejumlah pedagang telah menekuni penjualan Tahu Tek sejak puluhan tahun silam dengan omset rata-rata mencapai 200 hingga 300 Ribu Rupiah perharinya. Padahal, sebagian dari mereka hanya menjual Tahu Tek dengan berkeliling di gang-gang kota saja

Meski akhir-akhir ini bermunculan jenis-jenis makanan modern, namun, Tahu Tek masih tetap diminati hampir semua lapisan masyarakat dengan cita rasanya yang masih tradisional.

0 comments:

Post a Comment