DURIAN BAKAR KETAN HITAM PENGGUGAH SELERA



Menyantap buah durian, mungkin menjadi kesukaan banyak orang. Nah jika anda termasuk penyuka buah berduri tersebut, serta ingin menikmati sensasi berbeda, Anda perlu mencoba menu durian bakar yang di kedai ”Duren Bakar Asoy” di Jalan Pasteur, Kota Bandung Jawa Barat.

Sebenarnya, durian bakar ini hampir sama dengan salah satu makanan di daerah Sumatra Barat. Hanya saja, di daerah tersebut duriannya tidak di bakar dan menggunakan nasi ketan putih.

Untuk pembuatannya, mula-mula buah durian utuh dipanaskan di dalam oven. Namun sebelumnya, buah durian dibungkus kertas alumunium agar lebih cepat panas dan merata.

Sambil menunggu proses pemanasan buah durian, juga disiapkan tape ketan hitam yang dimasukan ke dalam batok kelapa, dan di tambahkan air kelapa muda secukupnya. Sama dengan durian, tape ketan dan hitam dalam batok kelapa pun dipanaskan di dalam oven.

Setelah buah durian dipanaskan selama kurang lebih satu jam, dengan suhu 200 derajat celsius, dan tape ketan hitam di panaskan selama 2 jam, di dalam oven, barulah durian bakar ketan hitam, siap di sajikan. Setelah ditata di atas daun pisang, durian bakar tape ketan hitam lalu dilengkapi dengan kelapa bakar, dan gula merah cair serta susu secukupnya. Durian bakar ketan hitam pun siap disantap.

Pemilik warung, Soni Mulyadi menuturkan, ide pembuatan makanan varian baru ini muncul setelah ia mencoba beberapa menu makanan dari buah durian yang cenderung monoton. Karena itu, kedainya kemudian menyediakan menu ini guna melengkapi variasi menu berbahan durian.

Untuk menikmati satu porsi durian bakar ketan hitam, Anda cukup membayar 15 Ribu Rupiah saja. Harga tersebut tentu terlalu murah jika di banding dengan kenikmatan rasa yang muncul dari makanan varian baru ini termasuk aroma bau durian yang selalu menggoda selera.

0 comments:

Post a Comment