GULAI NDAS MANYUNG, PEDASNYA BIKIN KETAGIHAN



Ndas Manyung adalah menu berbahan kepala (ndas) ikan Manyung yang di olah menjadi makanan pedas khas daerah pesisir wilayah Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Hampir rumah makan di wilayah Kecamatan Juwana hingga Kecamatan Batangan yang merupakan daerah pesisir kabupaten Pati, menyediakan menu Ndas Manyung.

Kenikmatan menyantap kepala ikan Manyung akan sangat terasa terutama ketika di sajikan masih hangat. Rasa pedas dan gurih, mampu membuat lidah bergoyang. Ndas Manyung dengan sedikit daging yang masih menempel disela-sela tulangnya, terasa nikmat di lidah. Apalagi, di tambah dengan bumbu masakan dari bahan rempah-rempah yang meresap dalam daging maupun sela-sela rongga kepala ikan Manyung.

Resep dan bahan-bahan untuk memasak ikan berkumis tersebut, sebenarnya sangat mudah didapatkan, yaitu rempah bumbu kare, santan, Bawang, Merica, Kunyit dan cabai rawit hijau. Semua bahan-bahan tersebut di satukan dalam adonan serta dimasak selama tiga jam sehingga rasanya meresap ke kepala daging.

Rasa pedas masakan Ndas Manyung merupakan rasa khas yang di tampilkan bagi penggemar kuliner masakan pedas. Dengan kuah yang berwarna kuning semburat merah lombok, membuat penggemar kuliner pedas,akan kembali untuk mencarinya.

Bagi para pemilik warung makan, tidaklah sulit untuk menemukan bahan baku Ndas Manyung, karena ikan jenis ini cukup mudah di dapat dari para nelayan. Jadi Ndas Manyung pedas merupakan menu selera kampung yang tak kampungan.

0 comments:

Post a Comment