IKAN BEONG KUAH MANGUT KHAS KAWASAN BOROBUDUR



Ikan beong adalah ikan khas berukuraqn besar yang ada di sungai Progo Magelang dan sungai Serayu di Wonosobo, Jawa Tengah. Bentuk ikan air tawar ini mirip lele, Bersungut di bagian kepalanya. Cuma ukurannya lebih besar. Bisa mencapai 20-30 sentimeter. Selain itu, warnanya pun tak hitam seperti lele.

Ikan dengan ukuran bisa mencapai 4 s/d 5 kilogram per ekor, kini bisa di nikmati dengan menu bumbu mangut, yakni cabe merah pedas dengan campuran bawang dan rempah-rempah, sehingga menjadi salah satu sajian kuliner khas di kawasan wisata Borobudur Magelang. Warung yang menyajikan ikan beong bumbu mangut ini, banyak tersedia di warung makan, di sebelah barat Candi Mendut, Mungkid Kabupaten Magelang. Anda tinggal memilih sesuai selera.

Untuk memasaknya, bumbu mangut direbus dengan dengan air dan campuran sedikit santan, lalu diaduk sampai mendidih. Setelah itu, ikan beong yang sudah digoreng, dimasukkan ke dalam bumbu mangut dan diaduk terus hingga semua bumbu meresap ke dalam daging ikan.

Para penggemar ikan beong, biasanya memilih bagian kepala ikan yang besar untuk disantap, karena harus mengorek dan menyisir daging yang berada di sela-sela tulang. Justru hal inilah yang membuat makan ikan beong menjadi lebih asyik. apalagi, tekstur daging beong yang liat dan rasa pedas kuah mangutnya, sangat menggugah selera. Selain pedas di lidah, kuah mangut pun harum tercium di hidung. Aroma itu tercipta dari daun serai dan salam yang dicemplungkan saat merebus kuah.

Untuk menikmati sepotong ikan beong, baik bagian kepala maupun bagian bagian lainnya, Anda cukup merogoh uang tujuh ribu rupiah per potongnya. jika plus nasi dan minum, anda cukup membayar Sepuluh Ribu Rupiah.

Nah! bagi anda yang akan berwisata ke Candi Borobudur, kuliner ikan beong sambal mangut, pantas masuk dalam agenda Anda.

0 comments:

Post a Comment